IDI Charity Run 2023 di Lamongan Berdonasi Penanganan Stunting

Minggu 22-10-2023,18:42 WIB
Reporter : Biro Lamongan
Editor : Aziz

LAMONGAN, MEMORANDUM - Momentum berdonasi pada peringatan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) ke-73 untuk generasi bangsa yang mengalami stunting, dengan menggelar IDI Charity Run 2023 Lamongan, Minggu 22 Oktober 2023.

Adib Khumaidi, Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) menyampaikan alasan memaksimalkan kegiatan sosial pada peringatan IDI kali ini,  tidak lepas dari tugas utama seorang dokter adalah melayani masyarakat yang membutuhkan.

“Dokter Indonesia lahir untuk rakyat Indonesia, hal itu yang harus tetap kita pegang teguh dalam pengabdian kepada masyarakat,” pesan Adib Khumaidi, di tengah-tengah ribuan peserta IDI Charity Run 2023, di Alun-alun kota Lamongan, Jawa Timur.

BACA JUGA:Polres Lamongan Berikan Edukasi Terkait Stunting dan Kesehatan

Sementara itu, untuk menandai usia 73 IDI dimaksimalkan dengan kegiatan bakti sosial. Diantaranya, pengobatan gratis oleh dokter spesialis di 32 Puskesmas di Kabupaten Lamongan untuk penanganan stunting.

"Dengan cara memberikan hasil donasi hari ini untuk orang tua asuh stunting di Kabupaten Lamongan dan pagi ini pada puncaknya digelar IDI Charity Run 2023," ujar Bupati Lamongan Yuhronur Efendi saat membuka event IDI Charity Run 2023.

Kabupaten Lamongan, kata dia, menjadi percontohan penanganan stunting.

“Hari ini ada IDI Jawa Barat, IDI Jawa Tengah hadir untuk berdiskusi tentang penanganan stunting di Lamongan," imbuhnya.

BACA JUGA: Pemkot Surabaya Gelar Lomba Masak Serba Ikan untuk Cegah Stunting

Meski demikian, menurut Yuhronur, saat ini angka kita masih 27,5%, namun Lamongan terus fokus penanganan stunting agar mencapai target 14% lewat ragam program, salah satunya orang tua asuh.

Untuk route serta jarak tempuh IDI Charity Run 2023, start Alun-alun - Jalan Lamongrejo - perempatan Jalan Merpati - perempatan Jalan Veteran - perempatan Jalan Soewoko - perempatan Pasar Sidoharjo - pertigaan pintu keluar GOR.

Serta pertigaan Rangge - pertigaan Masjid Sunan Giri, perempatan BRI unit pasar, dan finish kembali di Alun-alun kota Lamongan, dengan jarak tempuh 7,3 Km. Sedangkan penyerahan hadiah kepada 5 best finisher kategori laki-laki dan perempuan, (pul)

Kategori :