Kawasan Kuliner Halal Pertama di Jatim Diresmikan Pj Gubernur Adhy Karyono di Tulungagung

Kamis 03-10-2024,12:45 WIB
Reporter : Ahmad Rifai
Editor : Fatkhul Aziz

TULUNGAGUNG, MEMORANDUM.CO.ID - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur, Adhy Karyono beserta sejumlah Kepala OPD Pemprov hadir dalam peresmian kawasan kuliner halal di Kabupaten Tulungagung pada Kamis, 3 Oktober 2024.

Hadir juga dalam kesempatan itu, Pj Bupati Tulungagung, Heru Suseno; Pjs Bupati Kediri, Heru Wahono Santoso; Forkopimda Tulungagung, dan sejumlah kepala Dinas Koperasi UMKM di Provinsi Jawa Timur.

Kehadiran mereka menandai peresmian kawasan kuliner halal pertama di Provinsi Jawa Timur yang ada di Kabupaten Tulungagung. Tepatnya berada di kawasan Pasar Sore Lama yang merupakan lahan aset milik PT Kereta Api Indonesia (KAI).

BACA JUGA:Meriahkan HUT ke -79 RI, Desa Mojoagung Gelar Pentas Seni dan Bazar Kuliner

Di hadapan tamu undangan, Pj Bupati Tulungagung, Heru Suseno menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang mendukung terlaksananya kegiatan hari ini.

Pihaknya menyebut, peran Dinas Koperasi UMKM Provinsi Jawa Timur sangat luar biasa dalam terwujudnya kawasan kuliner halal di Tulungagung.

Bantuan yang diberikan untuk pengembangan UMKM di Kabupaten Tulungagung juga cukup besar. Pj Bupati Heru merinci, fasilitasi kepada pelaku usaha yang telah diberikan cukup banyak. Seperti pemberian sertifikat halal untuk 68 pelaku UKM, kemudian fasilitas desain kemasan untuk 60 pelaku UKM, fasilitas ujilab bagi 1 UKM, fasilitas merk khusus yang sudah teregristasi, lalu fasilitasi HACCP bagi 1 pelaku UKM, dan bimtek untuk 50 pelaku usaha dengan nilai Rp 700 juta untuk wilayah Tulungagung.

BACA JUGA:Melestarikan Budaya Kearifan Lokal, Desa Tugu Jamasan Pusaka dan Bazar Kuliner

"Ini luar biasa dan patut diapresiasi," ujarnya.

Pj Bupati Heru juga menyampaikan terima kasih kepada Pj Gubernur Jatim yang datang dan meresmikan kawasan kuliner halal ini.

Menurutnya, hal ini tak lepas dari adanya komunitas kuliner yang sudah cukup dikenal di kawasan sekitar stasiun Tulungagung ini.

BACA JUGA:Pemkab Tulungagung Perpanjang Penutupan Pasar Hewan, Pelaku Kuliner Mengeluh

Heru menyebut, tidak hanya dikenal oleh masyarakat Tulungagung saja, namun juga masyarakat daerah lain di sekitarnya.

"Kita punya kuliner yang dikenal secara umum di Pasar Sore Lama ini, ada lodo, sate, krupuk rambak, ada sanghai, ada jenang, geti, dan kuliner lainnya," urainya.

Ke depan, pihaknya berharap peresmian ini akan semakin meningkatkan perekonomian masyarakat Tulungagung pada umumnya.

Kategori :