Dosen Farmasi Jember Berdayakan Lansia dengan Inovasi RAMEN Gandeng KOSTI

Selasa 27-08-2024,10:09 WIB
Reporter : Edi Winarko
Editor : Ferry Ardi Setiawan

JEMBER, MEMORANDUM.CO.ID - Dalam rangka pengabdian kepada masyarakat, dosen Program Studi Farmasi Universitas dr Soebandi Jember, Shinta Mayasari memberikan pelatihan pembuatan rempah permen (RAMEN) kepada 45 lansia di Komunitas Sepeda Tua Indonesia (KOSTI) Jember.

BACA JUGA:Bandit Curanmor 21 TKP Diadili, Masih Ada 5 Komplotan Gentayangan

RAMEN dibuat dari bahan-bahan alami dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Dengan adanya inovasi ini, diharapkan para lansia dapat menjaga kesehatan mereka secara mandiri.

BACA JUGA:Polresta Malang Kota Kawal Kirab Maskot Pilkada 2024

"Kami berharap RAMEN dapat menjadi solusi bagi masalah kesehatan yang sering dialami lansia. Selain itu, kami juga ingin memberdayakan para lansia agar bisa lebih mandiri," tambah Shinta. Minggu 25 Agustus 2024.

BACA JUGA:FestKul Nusantara dan UMKM Wong Njago Meriahkan HUT Ke-79 RI

Melalui Inovasi RAMEN, lanjut shinta, KOSTI akan diberikan teori penunjang produksi dari rempah. 

"Mereka kita latih cara membuat produksi permen rempah, perizinannya, dan pengemasannya. Tidak hanya itu produk jamu juga diberikan sebagai peningkat imunitas KOSTI dalam kegiatan tersebut," terangnya. 

BACA JUGA:Golkar Serahkan Formulir B1 KWK ke Khofifah-Emil, Berkah Meraih Kemenangan Pilgub Jatim

Pemeriksaan klinik diberikan kepada lansia setelah bersepeda yang menjadi ciri khas KOSTI, dengan pemeriksaan seperti tinggi badan, berat badan, lingkar perut, asam urat, kolesterol, dan gula darah, di Sekretariat Kosti Perumahan New Puri cempaka Blok F.5/6 Kelurahan Gebang, Kecamatan Patrang, Kabupaten Jember.

BACA JUGA:Harmonis, Silaturahmi Polres Gresik dan Serikat Pekerja

Sementara itu Ketua KOSTI, Ilzam Zawawi juga memberikan arahan pentingnya kolaborasi dengan tenaga kesehatan/praktisi dalam hal edukasi, pelatihan dan pendampingan lansia menuju lebih sehat  dengan mengangkat rempah yang kaya di Jember.

BACA JUGA:PDI-P Jatim Siapkan Kader Internal, Tak Dukung Petahana Khofifah-Emil di Pilkada 2024

Monitoring kesehatan lansia dari pemeriksaan klinik secara berkala dan Inovasi RAMEN menjadi solusi dari kesehatan lansia. Inovasi RAMEN menjadi kebutuhan lansia agar menjadi lebih sehat.

BACA JUGA:Viral Video Polwan Tegur Pengunjung di Warkop, Dirmanto: Akan Panggil Pengunjung untuk Dimintai Penjelasan

Kategori :