Diamankan Hendak Tawuran, Belasan Remaja Jalani Pembinaan Sosial di Liponsos Keputih

Minggu 25-08-2024,15:23 WIB
Reporter : Arif Alfiansyah
Editor : Fatkhul Aziz

SURABAYA, MEMORANDUM.CO.ID - Satpol PP Kota Surabaya melakukan pembinaan terhadap 14 remaja yang terlibat dalam aksi tawuran. Para remaja tersebut dibawa ke Lingkungan Pondok Sosial (Liponsos) Keputih Surabaya untuk mengikuti program pembinaan sosial.

Kabid Pengendalian Ketentraman dan Ketertiban Umum serta Perlindungan Masyarakat Satpol PP Surabaya, Irna Pawanti mengatakan bahwa 14 remaja ini merupakan hasil penjangkauan dari pihak kepolisian. Mereka diamankan saat hendak melakukan tawuran di dua lokasi berbeda di Surabaya.

“14 remaja ini diserahkan oleh rekan-rekan kepolisian setelah mereka tertangkap hendak tawuran di lokasi yang berbeda,” ujar Irna Pawanti, Minggu 25 Agustus 2024.

BACA JUGA:Pesta Miras, 21 Terjaring Satpol PP, Disanksi Rawat ODGJ di Liponsos

Dari hasil pendataan, lima remaja diamankan oleh Polres Pelabuhan Tanjung Perak saat berencana tawuran di Jalan Pogot. Sementara itu, tujuh remaja lainnya diamankan oleh Polsek Kenjeran ketika hendak tawuran di Jalan Bulak Banteng Lor.

“Dua remaja lainnya kami dapati sedang pesta minuman keras di Pantai Batu-Batu Kenjeran. Mereka langsung diamankan dan dibawa ke Kantor Satpol PP bersama barang bukti berupa satu botol minuman keras,” tambah Irna.

Irna menjelaskan bahwa setelah dilakukan pendataan, para remaja tersebut mendapatkan pembinaan sosial di Liponsos Keputih. Program pembinaan ini bertujuan untuk mengarahkan mereka agar lebih menghargai masa muda dan tidak terjerumus dalam aktivitas yang merugikan.

BACA JUGA:Terjaring Pesta Miras di Jalan Semarang, 9 Orang Disanksi Sosial ke Liponsos Rawat ODGJ

“Pembinaan sosial ini kami lakukan agar para remaja bisa lebih menghargai dan memanfaatkan masa muda mereka dengan kegiatan yang positif,” kata Irna.

Selama menjalani pembinaan sosial, para remaja ini berinteraksi dengan penghuni Liponsos yang terdiri dari Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ). Mereka diberi tugas seperti memotong kuku, memotong rambut, memberi makan, menggantikan pakaian, hingga membersihkan area Liponsos.

“Melalui kegiatan ini, kami berharap dapat menumbuhkan rasa empati dan kepedulian di antara mereka, sehingga mereka bisa lebih mensyukuri kesehatan yang mereka miliki,” tutur Irna.

BACA JUGA:Pelajar Surabaya yang Terlibat Perang Sarung Bakal Dimasukkan Liponsos

Selain itu, Satpol PP Surabaya juga terus berkolaborasi dengan TNI dan Polri dalam menjaga keamanan dan ketertiban umum (Trantibum) di Kota Surabaya. Irna menekankan bahwa pihaknya akan terus berpatroli bersama TNI dan Polri untuk mencegah gangguan Trantibum.

“Kami akan terus bekerja sama dengan TNI dan Polri dalam melaksanakan patroli di Surabaya,” ungkap Irna.

Selain melakukan pengawasan dan patroli wilayah dalam mencegah gangguan trantibum, Satpol PP juga melakukan sosialisasi kepada anak-anak terkait gangguan trantibum melalui program Satpol PP Goes To School. 

Kategori :