Pelindo Regional 3 Sosialisasi dan Simulasi Mitigasi Kebakaran di Pelabuhan
Salah satu peserta praktik memadamkan api dengan karung goni basah.--
SURABAYA, MEMORANDUM.CO.ID – PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 3 Sub Regional Jawa menggelar sosialisasi dan simulasi penanggulangan kebakaran bagi tenant di Terminal Gapura Surya Nusantara, Jumat 26 September 2025.
Kegiatan yang berlangsung di halaman drop zone Terminal Gapura Surya Nusantara itu diikuti 24 peserta perwakilan tenant dari Ruang Tunggu Sementara.

Mini Kidi--
Materi sosialisasi meliputi pelatihan penggunaan alat pemadam api ringan, teknik pemadaman api dengan karung goni, sesi tanya jawab, serta pembekalan pengetahuan dasar tentang pencegahan dan penanganan kebakaran.
Manager HSSE Pelindo Regional 3 Sub Regional Jawa, Amarto Soegeng Basuki, menekankan pentingnya kesiapan seluruh elemen pelabuhan dalam menghadapi kebakaran.
“Pelabuhan merupakan objek vital dengan aktivitas padat dan kompleks. Oleh karena itu, kemampuan dasar dalam menghadapi kebakaran menjadi hal wajib bagi seluruh pihak, termasuk tenant. Tujuannya adalah memastikan penanganan awal kebakaran dilakukan cepat, tepat, dan aman guna meminimalkan risiko kerugian,” ujarnya.
BACA JUGA:Pelindo Bersih, Implementasi Good Corporate Governance di Terminal Teluk Lamong
General Manager Pelindo Cabang Kalimas dan Gapura Surya Nusantara, Ana Adiliya, menyebut kegiatan ini relevan dengan kebutuhan operasional terminal yang menjadi titik lalu lintas penumpang dan tenant.
“Sebagai area publik yang padat, Terminal Gapura Surya Nusantara harus selalu dalam kondisi siaga. Melalui pelatihan ini, kami berharap tenant memiliki bekal kemampuan dan kesadaran memadai dalam menghadapi risiko kebakaran. Tujuan akhirnya menciptakan lingkungan pelabuhan yang aman, nyaman, dan terpercaya bagi pengguna jasa,” jelasnya.
BACA JUGA:Antisipasi Kepadatan di Pelabuhan, Pelindo Regional 3 Siapkan Buffer Area hingga Layanan Digital
Sosialisasi ini menjadi bagian dari implementasi program HSSE Pelindo Regional 3 Sub Regional Jawa. Program itu mendukung penerapan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja, sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja, serta aturan terkait penanggulangan kebakaran di tempat kerja.
BACA JUGA:Angkutan Lebaran 2025, Pelindo Regional 3 Layani 704.769 Pemudik
Selain meningkatkan kesiapsiagaan terhadap kondisi darurat, kegiatan ini diharapkan mampu menumbuhkan budaya keselamatan kerja berkelanjutan di lingkungan pelabuhan.
Dengan kegiatan itu, Pelindo Regional 3 Sub Regional Jawa menegaskan komitmennya menghadirkan layanan kepelabuhanan yang aman, andal, dan berdaya saing tinggi, sekaligus melindungi aset perusahaan, mitra usaha, dan masyarakat pengguna jasa pelabuhan.
Sumber:

