Antisipasi Kepadatan di Pelabuhan, Pelindo Regional 3 Siapkan Buffer Area hingga Layanan Digital
Salah satu buffer area yang disiapkan oleh pihak Pelindo Regional 3.-Muchlis Darmawan-
SURABAYA, MEMORANDUM.CO.ID - Pelindo Regional 3 menjamin layanan operasional pelabuhan, khususnya di kawasan Pelabuhan Tanjung Perak lancar selama libur panjang Waisak 2025.
BACA JUGA:Capai 76 Persen, Pelindo Regional 3 Kebut Pembangunan Terminal Multipurpose Batang
Operasinal pelabuhan telah dilengkapi digitalisasi layanan, sehingga semua pergerakan bisa terpantau secara real time hingga ketersediaan buffer area pelabuhan yang mampu menampung lebih dari 200 kendaraan besar atau truk secara bersama.

Mini Kidi--
Senior Manager Hukum dan Humas Pelindo Regional 3 Karlinda Sari mengatakan, pihaknya telah secara konsisten berupaya untuk meningkatkan kualitas layanan.
BACA JUGA:Angkutan Lebaran 2025, Pelindo Regional 3 Layani 704.769 Pemudik
Melalui integrasi teknologi terbaru, pihaknya berupaya menghadirkan layanan digital yang inovatif dan memberikan solusi yang cepat dan andal bagi para pelanggan.
BACA JUGA:Capai Kinerja Positif di 2024, Pelindo Regional 3 Fokus Program 2025
Upaya tersebut memberikan jaminan layanan prima yang tak terputus momen momen libur panjang yang berpotensi terjadi kepadatan di area pelabuhan .
BACA JUGA:Peringati Bulan K3 Nasional, Pelindo Regional 3 Kumpulkan 239 Kantong Darah untuk PMI
Beberapa layanan digital yang bisa dimanfaatkan oleh para pengguna jasa di antaranya adalah Single Portal Integrated Billing System (IBS), E-Regristation, E-Booking, E-Tracking, E-Payment, E-Invoice, E-Billing dan E-Care.
Sementara dari sisi internal operational, Pelindo juga telah memiliki Integrated Planning and Control Room di sejumlah pelabuhan utama Pelindo. Layanan ini bertujuan untuk meningkatkan pelayanan aktivitas kapal dan bongkar muat barang di sejumlah pelabuhan yang dikelolanya secara terpusat.
BACA JUGA:Selama 2024, Pelindo Regional 3 Salurkan Bantuan kepada TKBM
“Jadi, baik kegiatan operasional dan layanan pelanggan semua sudah kami upayakan digitalisasi kolaborasi. Ini kami lakukan melalui penyedia jasa digital anak usaha kami ILCS, sehingga mampu menghadirkan layanan prima 24/7 menjadi kewajiban bagi kami,” ungkap Karlinda, Senin 12 Mei 2025.
Sumber:



