Kemenangan Perdana Lando Norris, Akhiri Penantian Panjang McLaren

Kemenangan Perdana Lando Norris, Akhiri Penantian Panjang McLaren

Pembalap McLaren, Lando Norris--x

MEMORANDUM -  Pembalap McLaren, Lando Norris, berhasil memecahkan rekornya kemenanganya yang tertunda dengan meraih kemenangan pertamanya di Formula 1 pada Grand Prix Miami.

Kemenangan sensasional ini diraihnya setelah mengalahkan rivalnya dari Red Bull, Max Verstappen di garis finis.

Norris memulai balapan dari posisi keenam, sementara rekan setimnya Oscar Piastri yang memulai dengan gemilang, sempat diprediksi sebagai pembalap McLaren yang paling berpotensi meraih kejutan.

Namun, strategi Norris dengan memanfaatkan Safety Car di pertengahan balapan menjadi kunci kemenangannya.

Norris keluar dari pit dengan memimpin balapan, sementara Verstappen turun ke posisi kedua setelah melakukan pit stop normal.

BACA JUGA:Bagaimana Tim Formula One Mengatur Mobil Mereka ?

BACA JUGA:Mengapa Formula 1 Masih Menggunakan Mesin V6 Turbo Hybrid di Era 2026? Ini Jawabanya!

Meskipun Verstappen mencoba menyerang Norris di awal restart, pembalap Inggris itu mampu mempertahankan posisinya dan terus memimpin balapan.

Penampilan Norris yang tenang dan fokus, dipadukan dengan masalah keseimbangan yang dialami Verstappen, membuat Norris tak terbendung.

Kemenangan ini mengantarkan Norris untuk meraih podium pertamanya di F1 setelah sebelumnya nyaris gagal di Grand Prix Rusia 2021. Kemenangan ini menjadi kemenangan ke-110 bagi McLaren di F1.

Verstappen menempati posisi kedua di tengah kesulitannya di belakang kemudi, sementara Charles Leclerc menyelesaikan podium di depan rekan setimnya di Ferrari Carlos Sainz, yang bentrok dengan Piastri di akhir insiden yang membuat pembalap Australia itu kembali ke pit untuk mendapatkan sayap depan baru.

lalu Sergio Perez berakhir di urutan kelima pada set kedua Red Bulls, setelah menyelesaikan pemberhentian lainnya di bawah Safety Car, ketika Lewis Hamilton dan George Russell menyelamatkan beberapa poin solid pada akhir pekan yang menantang bagi Mercedes di urutan keenam dan kedelapan.

Saat para pembalap kembali ke pit, radio lando Norris dan tim mclaren dan teknisi balapnya bersama dengan bos tim Zak Brown sungguh sangat menikmati momen penting yang juga memberi McLaren kemenangan Grand Prix pertama sejak Monza kembali ke pit.

BACA JUGA:Berapa Gaji Pembalap F1 2024, Siapa yang Termahal?

BACA JUGA:Keberhasilan Las Vegas GP! Akankah Circuit Monaco Dihapus dari Kalender F1 2024?

CEO McLaren, Zak Brown, mengungkapkan rasa gembiranya atas kemenangan Lando Norris di Grand Prix Miami. Kemenangan ini dinilainya sebagai penantian panjang bagi tim McLaren.

"Kemenangan ini sudah lama tertunda," ujar Brown kepada Sky Sports. "Ini merupakan kemenangan kedua McLaren di balapan utama Formula 1 dalam 12 tahun. Kemenangan sebelumnya diraih Daniel Ricciardo."

Brown menambahkan bahwa kemenangan Norris ini disambut dengan antusiasme yang tinggi oleh para penggemar dan pembalap lainnya.

"Ini sangat populer di antara para penggemar, di antara para pembalap, dengan begitu banyak pembalap menghampiri dan memberi dia selamat," kata Brown.

Brown juga memuji penampilan Norris dan performa mobil McLaren. "Dia membalap dengan sempurna, mobil juga sangat cepat," ungkap Brown. (mg20)

Sumber: