Prospek Karir Cerah bagi Lulusan Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia

Prospek Karir Cerah bagi Lulusan Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia

Ilustrasi--

MEMORANDUM - Bagi para calon mahasiswa yang sedang mempertimbangkan untuk mengambil jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, banyak pertimbangan pasti muncul terkait prospek karir di masa depan. Namun, ada beberapa alasan mengapa jurusan ini menawarkan beragam peluang karir yang menjanjikan. 

Berikut adalah lima prospek kerja menarik bagi lulusan jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia:

1. Reporter

Lulusan bahasa dan sastra Indonesia bisa bekerja di perusahaan berita sebagai reporter karena semasa kuliah sudah dilatih untuk menulis berita yang baik dan benar. 

Sebagai seorang reporter, kebanyakan disesuaikan dengan hasil artikel yang telah ditulis. Semakin banyak berita dibaca, semakin besar penghasilan yang akan didapatkan.

BACA JUGA:Operasi JAGRATARA: Langkah Tegas Kanim Kelas I TPI Malang dalam Pengawasan Orang Asing di Wilayah Kerja

2. MC

Lulusan bahasa dan sastra Indonesia bisa menjadi MC atau pembawa acara karena semasa kuliah juga sudah mempelajari teori tentang pembawa acara serta mempraktikannya. 

Jangan khawatir ketika nanti job mu akan sepi, karena kamu bisa membangun personal brandingmu sejak kuliah sehingga akan banyak orang yang mengetahui kemampuanmu menjadi seorang MC.

3. Penulis naskah

Bahkan sebelum lulus, mahasiswa jurusan bahasa dan sastra Indonesia sudah memiliki puluhan naskah yang telah dibuatnya. Naskah tersebut tidak akan menghasilkan uang ketika hanya disimpan di draft dan tidak diperlihatkan kepada khalayak.

Ketika kalian terjun sebagai penulis naskah, kalian bisa bekerja sama dengan rumah produksi film. Bisa berpeluang untuk bertemu artis loh.

BACA JUGA:Cari Pekerjaan, Motor Warga Balas Klumprik Dibawa Kabur

4. Penulis fiksi dan non fiksi

Sumber: