Pelaku Spesialis Pencurian Toko Ditangkap saat akan Melarikan Diri

Pelaku Spesialis Pencurian Toko Ditangkap saat akan Melarikan Diri

Salah satu tersangka spesialis pencurian di toko, UM, saat penyidikan di Mapolres Pasuruan Kota--

PASURUAN, MEMORANDUM - Dua pelaku yang menyaru sebagai pembeli di toko swalayan Indomaret kepergok penjaga toko. Salah satu pelaku, SH (40) diketahui sebagai warga Jl Halmahera Kelurahan Tambaan Kecamatan Panggungrejo Kota Pasuruan. SH yang bertugas masuk ke dalam toko swalayan. Sementara temannya, UM (33) warga Kelurahan Bugul Lor Kecamatan Panggungrejo menunggu di parkiran motor.

Ulah SH kepergok sang penjaga toko, setelah sang penjaga menaruh curiga dengan gerak gerik pelaku. SH sempat melakukan pencurian berupa Susu kotak merk SGM berukuran 1 kg. Aksi pencurian ini berada di Indomaret Trajeng, tepatnya di Jalan Sulawesi Kelurahan Trajeng Kecamatan Panggungrejo Kota Pasuruan.

BACA JUGA:Warga Gagalkan Pencurian Motor di Vila

Menurut keterangan Kasi Humas Polres Pasuruan Kota, Aipda Junaidi, jika kejadian tersebut terjadi pada Selasa 16 April 2024, sekira pukul 21.40 WIB. Dua orang pelaku aksi kejahatan telah melakukan pencurian barang di toko Indomaret berupa Susu kotak merek SGM berukuran 1 kg.

Salah satu penjaga toko Indomaret, Dwi Nur Qomariah (33) yang saat itu bertugas sebagai kasir dengan seorang temannya lagi, Akbar Subhan mengenal pelaku SH. Akbar yang saat itu tengah merapikan barang di salah satu rak mencurigai gerak-gerik SH yang mondar-mandir seolah mencari sesuatu.

Tidak lama kemudian, SH keluar toko untuk memanggil temannya UM yang berada di parkiran motor untuk masuk juga ke dalam toko. Lantas keduanya menuju di salah satu sudut lorong rak barang dan memasukkan 2 boks susu kemasan 1 kg ke dalam tas. 

BACA JUGA:Polres Pasuruan Ringkus Tersangka Pencurian yang Sakit Hernia

Kasir toko yang merasa curiga dengan kedua orang pelaku tersebut mengajak Akbar yang saat itu tengah menata barang di lorong rak lainnya untuk mengecek lorong rak. Dimana kedua orang pelaku tengah menjalankan aksi pencuriannya.

"Kasir melihat kedua orang memasukkan 2 kota susu dari monitor CCTV yang ada di komputer kasir, dan kemudian memberanikan diri mengecek dengan mengajak teman penjaga toko lainnya," kata Junaidi. Kamis 18 April 2024.

BACA JUGA:Identifikasi via CCTV, Terduga Pelaku Pencurian Kabel Satu Ton Diringkus Unit Reskrim Polsek Asemrowo

Mengetahui barang dagangannya di rak sudah hilang penjaga toko Akbar kemudian mengejar kedua orang pelaku yang hendak melarikan diri. Salah satu pelaku, UM yang masih terkejar ketika mau membuka pintu kemudian ditarik masuk ke dalam toko. Satu pelaku, yakni SH yang sudah mendahului keluar langsung tancap gas melarikan diri dengan motor.

"Yang berhasil diamankan oleh penjaga toko hanya 1 orang. Tangannya ditarik dan tidak sempat keluar dari dalam toko," lanjut Junaidi.

Pelaku SH yang melarikan diri oleh kasir toko Indomaret diteriaki maling. Teriakan tersebut mengundang warga yang ada di sekitar untuk mendekati toko dan menanyakan perihal yang telah terjadi. Sementara salah satu pelaku yang yang berada di dalam toko tidak bisa keluar. Mengingat oleh penjaga toko pintu di kunci dari luar.

BACA JUGA:Kodam V Brawijaya Bakal Tindak Tegas Oknum Terlibat Kasus Pencurian dan Penyelundupan Motor di Sidoarjo

Sumber: