Antisipasi Macet pada Lebaran 1445 H, Ini Penjelasan PJR Jatim III Polda Jatim

Antisipasi Macet pada Lebaran 1445 H, Ini Penjelasan PJR Jatim III Polda Jatim

Kanit PJR Jatim III Warugunung Ditlantas Polda Jatim AKP Yudiyono. -Biro Mojo-

JOMBANG, MEMORANDUM - PJR Jatim III Polda Jatim bersama Astra Tol Jombang-Mojokerto, terus melakukan persiapan matang demi kelancaran dan kenyamanan saat arus mudik dan arus balik pada Lebaran 1445 H.

BACA JUGA:Pastikan Arus Mudik Lebaran 1445 H Lancar, Astra Tol JoMo Siapkan 200 Petugas 

Kanit PJR Jatim III Warugunung Ditlantas Polda Jatim AKP Yudiyono menjelaskan, untuk tol mulai dari Bandarkedungmulyo sampai Surabaya untuk arus mudik memang diwaspadai pada titik ketika pintu keluar di gerbang tol.

"Kita kolaborasi dengan Polres Jombang. Ketika arteri penuh, dialihkan ke arah Nganjuk. Namun ketika arteri masih bisa berjalan, tetap dinormalkan," jelasnya, Rabu, 3 April 2024.

Yudiyono menandaskan, pihaknya tetap mengantisipasi untuk kecelakaan. Petugas PJR ada 13 kendaraan roda empat yang siap untuk mobiling dan digelar semua di lapangan. Untuk personel dari PJR ada 31 dan dibantu dari Polda Jatim sekitar 80 personel untuk area tol.

"Namun dibagi mulai Surabaya sampai Jawa Tengah," tandasnya.

Selanjutnya, Yudiyono membeberkan, untuk kendaraan truk yang dari Surabaya, akan dikeluarkan di Penompo Mojokerto. Dari Warugunung ke Penompo sekitar 1 kilometer.

"Di situ nanti truk akan dicarikan untuk parkir," tukasnya.

Sementara itu, Kepala Departemen Operasi Astra Tol Jomo, Yuni Rihal menjelaskan, sebagai salah satu upaya mengurai kepadatan lalu lintas, Astra Tol Jomo memberikan apresiasi diskon tarif tol sebesar 20 persen untuk pengguna jalan yang melakukan perjalanan secara menerus.

"Diskon ini berlaku untuk semua golongan kendaraan yang masuk dari Gerbang Tol (GT) Banyumanik ke GT Bunder Gresik (dan sebaliknya), atau dari GT Banyumanik ke GT Warugunung (dan sebaliknya)," jelasnya.

Yuni membeberkan, diskon berlaku pada 3 April 2024 pukul 05.00 WIB hingga 5 April 2024 pukul 05.00 WIB dan 17 April 2024 pukul 05.00 WIB hingga 19 April 2024 pukul 05.00 WIB. Besaran diskon untuk golongan I sebesar Rp 11.000, golongan II & III sebesar Rp 18.500 dan golongan IV & V sebesar Rp 22.000.

"Potongan ini berlaku untuk transaksi tol menggunakan uang elektronik dengan saldo cukup. Kami berharap pengguna jalan dapat menggunakan kesempatan ini agar terhindar dari kepadatan arus lalu lintas pada mudik lebaran,” bebernya.

Yuni senantiasa mengimbau pengguna jalan untuk selalu mematuhi rambu-rambu lalu lintas dan mengikuti arahan petugas di lapangan. Memeriksa kendaraan sebelum digunakan.

"Menjaga tubuh tetap fit dan tidak dalam keadaan mengantuk atau lelah ketika berkendara, mematuhi batas kecepatan di jalan tol," pungkasnya. (*)

Sumber: