Pastikan Arus Mudik Lebaran 1445 H Lancar, Astra Tol JoMo Siapkan 200 Petugas

Pastikan Arus Mudik Lebaran 1445 H Lancar, Astra Tol JoMo Siapkan 200 Petugas

Tol Jombang-Mojokerto. -Biro Mojo-

JOMBANG, MEMORANDUM - Astra Tol Jombang-Mojokerto (Astra Tol Jomo) mengoptimalkan layanan infrastruktur, lalu lintas, dan layanan transaksi serta fasilitas tempat istirahat di ruas Tol Jombang-Mojokerto.

BACA JUGA:Kecelakaan Karambol di Tol Jombang-Mojokerto, Tujuh Orang Terluka 

Komitmen tersebut memastikan kelancaran pada arus mudik Lebaran 1445 H. Pada lebaran tahun ini, puncak arus mudik di ruas Tol Jombang-Mojokerto diprediksi terjadi pada Senin, 8 April 2024, dengan estimasi 71 ribu kendaraan yang melewati ruas tersebut. Serta puncak arus balik pada Minggu, 14 April 2024 dengan estimasi 99 ribu kendaraan.

BACA JUGA:Kecelakaan di Tol Jombang, Vanessa Angel dan Suami Meninggal Dunia 

Secara total, prediksi kendaraan yang melintas di ruas Tol Jombang-Mojokerto sebanyak 1,217.704 kendaraan atau meningkat 5,2 persen dibanding lebaran tahun lalu.

BACA JUGA:Kecelakaan di Tol Jombang-Mojokerto, Truk Masuk Parit 

Kepala Departemen Operasi Astra Tol Jomo, Yuni Rihal menjelaskan, dalam mengantisipasi tingginya mobilitas, selain melakukan persiapan rekayasa lalu lintas dengan PJR Polda Jatim III, Astra Tol Jomo juga menyiapkan tambahan 12 mobile reader yang digunakan untuk mengurai kepadatan di gerbang tol.

BACA JUGA:Sopir Ngantuk, Baleno Kecelakaan di Tol Jombang-Mojokerto

“Secara total akan ada 200 petugas yang siaga 24 jam untuk membantu pengguna jalan. Layanan lalu lintas jalan tol juga disiagakan dalam kondisi prima, terdiri dari 3 mobil patroli, 1 mobil rescue, 2 ambulan dengan perlengkapan medis lengkap, serta 4 mobil derek,” jelasnya, Rabu, 3 April 2024.

BACA JUGA:Rush Terguling di Tol Jombang-Mojokerto, Warga Kapas Madya Tewas 

Yuni menerangkan, Astra Tol Jomo berkolaborasi dengan Astra World menyiapkan bengkel Astra Siaga Lebaran yang berada di rest area KM 695 A ’Teras Melati’. Pengguna jalan dapat memanfaatkan layanan periksa kendaraan sambil berisitirahat. Selain itu, Astra Tol Jomo berkoordinasi dengan Pertamina menyediakan SPBU modular di rest area KM 695 A ‘Teras Melati’ dan KM 678 B ‘Teras Dipa’.

BACA JUGA:Pecah Ban, Avanza Tabrak Pembatas Jalan Tol Jombang-Mojokerto 

"Untuk pengguna kendaraan listrik, Astra Tol Jomo juga menyediakan fasilitas Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik ultra fast charging gratis di rest area KM 695 A ‘Teras Melati"," terangnya. 

BACA JUGA:Pikap Pecah Ban, Ayam Berhamburan di Tol Jombang – Mojokerto 

Yuni memaparkan, pengguna jalan dapat berkendara dengan tenang dan aman, karena Tol Jombang-Mojokerto dilengkapi dengan 124 CCTV, baik di jalur tol, rest area, maupun gerbang tol. Segala pekerjaan perbaikan jalan tol juga dipastikan tidak ada mulai H-10 hingga H+10 lebaran.

BACA JUGA:Pecah Ban, Pikap Muat Bawang Merah Laka di Tol Jombang-Mojokerto 

"Unit perambuan dan penerangan jalan dipastikan dalam kondisi baik dan berfungsi untuk menunjang keamanan pengguna jalan," paparnya.

BACA JUGA:Kecelakaan di Tol Jombang-Mojokerto, Truk Muat Buah Pir Terguling 

Yuni mengimbau, untuk menghindari kepadatan yang mungkin terjadi di rest area, pemudik untuk selalu mempersiapkan diri dengan mengisi bahan bakar dan uang elektronik sebelum memasuki jalan tol.

BACA JUGA:Kecelakaan di Tol Jombang-Mojokerto, Pikap Bermuatan Trafo Terguling

“Bila terjadi kepadatan di rest area, kami menyarankan agar pengguna jalan dapat memanfaatkan fasilitas istirahat di jalan arteri sebelum kemudian kembali ke jalan tol untuk meneruskan perjalanan.” pungkasnya.

BACA JUGA:Ban Pecah, Pikap Tabrak Pembatas Jalan Tol Jombang – Mojokerto 

Perlu diketahui, ASTRA Infra Toll Road Jombang-Mojokerto (ASTRA Tol Jomo) merupakan anak usaha dari ASTRA Infra pemegang hak konsesi atas ruas tol Jombang-Mojokerto sepanjang 40,5 kilometer yang menjadi bagian dari Tol Trans Jawa.

Tol ini menghubungkan Desa Penompo, Kabupaten Mojokerto sampai Desa Bandarkedungmulyo, Kabupaten Jombang. ASTRA Tol Jomo memiliki 3 Gerbang Tol, yaitu Gerbang Tol Mojokerto Barat, Jombang dan Bandar. (*)

Sumber: