Optimistis Usung Calon Sendiri di Pilkada Jombang, Gerindra Buka Peluang Koalisi

Optimistis Usung Calon Sendiri di Pilkada Jombang, Gerindra Buka Peluang Koalisi

Warsubi-Biro Mojo-

JOMBANG, MEMORANDUM - Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jombang yang dilaksanakan tahun ini, terus memunculkan dinamika seiring perjalanan waktu. Salah satunya, yakni tekad dari Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) yang bakal mengusung calon sendiri.

"Sampai hari ini sikap Gerindra sudah cukup jelas, yakni ingin mengusung calon sendirisendiri untuk Pilkada Jombang," terang bakal calon Bupati Jombang, Warsubi, Minggu 31 Maret 2024.

Diakui olehnya, dari hasil rekapitulasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) kemarin diketahui jika Gerindra berhasil mengamankan 8 kursi di legislatif. "Dengan modal tersebut, target untuk mengusung calon sendiri bukanlah hal yang tidak mungkin. Tinggal nantinya ada beberapa opsi untuk mewujudkannya," ujarnya.

Opsi tadi, salah satunya dengan melanjutkan Koalisi Indonesia Maju di kontestasi Pilkada Jombang 2024. "Tidak menutup kemungkinan jika Koalisi Indonesia Maju dilanjutkan untuk Pilkada Jombang. Khusus untuk membahas hal itu, bakal ada pertemuan antara DPP dengan DPC akhir pekan ini," lanjutnya. 

BACA JUGA:Gelar Buka Bersama, KPU Jombang Serahkan Santunan

Apabila opsi tadi berjalan, tentu Gerindra bakal berkoalisi dengan Golkar maupun Demokrat. Ditilik dari perolehan kursi legislatif dua parpol tadi di Kota Santri, sudah cukup untuk mengusung calon Bupati.

"Dengan hitung-hitungan kursi legislatif, koalisi dengan Golkar maupun Golkar memang sudah cukup untuk mengusung sendiri. Namun sejauh ini memang belum ada perintah maupun pembahasan lebih jauh terkait hal itu," tutur pengusaha asal Desa Mojokrapak itu.

Selain opsi diatas, pilihan berkoalisi untuk Pilkada Jombang juga dapat dilakukan dengan parpol lain. Mulai dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI P),  maupun Partai Persatuan Pembangunan (PPP). "Selain dengan parpol yang masuk dalam koalisi Indonesia maju, kemungkinan menggandeng parpol lain untuk Pilkada Jombang juga sangat terbuka. Baik itu PKB, PDIP, serta PPP," tutup Warsubi.(wan)

Sumber: