Jelang Mudik Lebaran, Polres Pasuruan Sidak SPBU untuk Pastikan Stok Aman tanpa Kecurangan

Jelang Mudik Lebaran, Polres Pasuruan Sidak SPBU untuk Pastikan Stok Aman tanpa Kecurangan

Petugas Unit IV/Pidter Satreskrim Polres Pasuruan saat pengecekan salah satu SPBU.--

PASURUAN, MEMORANDUM - Petugas Kepolisian Resor Pasuruan Polda Jatim tiba-tiba melakukan inspeksi mendadak (sidak) terhadap sejumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di wilayah Kabupaten Pasuruan.  

Pengecekan ini dilakukan untuk memastikan stok BBM  aman. Selain itu, kondisi kemurnian bahan bakar minyak juga tidak terkontaminasi dengan bahan lain atau bercampur air. Sehingga pemudik tidak dirugikan saat mengisi BBM ketika mudik lebaran Idul Fitri 1445 H mendatang.

BACA JUGA:Unicef Kunjungi Kota Pasuruan, Apresiasi Penguatan Sistem Perlindungan Anak


Petugas Satreskrim Polres Pasuruan juga memeriksa kolam BBM dan memastikan jika BBM aman tidak bercampur dengan bahan bahan lainnya.--

Sidak ini dilakukan  dilakukan oleh Unit IV/Pidter Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Pasuruan Polda Jatim, Sabtu 30 Maret 2024. Pengecekan tersebut melibatkan pihak Depo Pertamina dan Unit Pelaksana Teknis Metrologi Legal Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Pasuruan.

Sasaran SPBU yang dilakukan pengecekan adalah SPBU 54.671.23 yang berada di Desa Raci, Kecamatan Bangil, Kabupaten Pasuruan. Sasaran yang dilakukan pengecekan adalah data tera BBM untuk dicek ulang pada pompa ukur bahan bakar minyak oleh petugas, dengan disaksikan oleh petugas kepolisian dan petugas Tera. Tidak hanya tera, petugas juga mengecek tempat tangki-tangki tandon Penyimpanan BBM.

BACA JUGA:Jelang Mudik Lebaran, Polsek Purwosari Intensifkan Patroli Ke SPBU untuk Pastikan Stok BBM

Kapolres Pasuruan AKBP Teddy Chandra melalui Unit IV Tipidter Satreskrim Polres Pasuruan, Iptu Vani menjelaskan, pengecekan tera BBM tersebut bertujuan untuk memastikan timbangan, takaran dan meteran yang digunakan harus sudah sesuai dengan dasar transaksi perdagangan.

"Hal ini juga dilakukan untuk memastikan tidak ada praktik-praktik kecurangan dan untuk memastikan masyarakat dapat terlayani dengan baik," jelas Iptu Vani.

BACA JUGA:Polsek Grati Pantau Distribusi BBM di SPBU

BACA JUGA:Pura-pura Beli Pertalite, Njambret HP Pemilik SPBU Mini

Dari sidak dan pengecekan di SPBU tersebut dapat disimpulkan bahwa dalam pengecekan yang dilakukan oleh petugas di SPBU 54.671.23 di Desa Raci Bangil, tidak ditemukan praktik kecurangan dan penyalahgunaan dalam pelayanan kepada masyarakat. 

Selanjutnya, sudah sesuainya pendistribusian dan stok BBM di SPBU tersebut antara lain; Update stok BS:13.100 Lt, PL : 15.600 Lt. Sedang jumlah yg dipesan BS: 8 kl dan PL: 8 kl

Selain itu, dalam pengecekan tidak ditemukan penyimpangan data antara penjualan, DO (demand order) dan pasokan BBM. Juga dilakukan pengecekan kadar suhu dari BBM Pertalite dan telah sesuai dengan ketentuan. (mh)

Sumber: