Unej Jember Gelar Lomba Musik Patrol ke-24 Dengan Tema Semarak Musik Pandalungan

Unej Jember Gelar Lomba Musik Patrol ke-24 Dengan Tema Semarak Musik Pandalungan

Grup SIMPATIC dari Lingkungan Sawahan blok Cantikan, Kepatihan, Kaliwates, Jember, unjuk kebolehan didepan juri--

JEMBER, MEMORANDUM - Universitas Negeri Jember (Unej) kembali menggelar Lomba Musik Patrol tahunan untuk ke-24 kalinya. Tahun ini, Lomba mengangkat tema "Semarak Musik Pandalungan" yang bertujuan untuk melestarikan budaya Musik tradisional khas Jember (Pandalungan) tersebut.

Acara pembukaan lomba yang berlangsung pada Minggu 31 Maret 2024 di Kampus Unej dihadiri oleh perwakilan Bupati Jember, Bambang Rudianto (Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan), Warek 3 Unej dr Fendi Setyawan, Warek 4 Prof Drs Bambang Kuswani, dan Pembina UKM Kesenian UNEJ Cak Eko Swargono.

Sebanyak 8 grup/kelompok musik patrol meramaikan perlombaan tahun ini, yaitu PUTRA MELATI, ARKEN 024, ARDATIM REBORN, ARTAL, RAMPAK JEMBER, PUTRA PERKASA, PUTRA POENJOEL, dan SIMPATIC.

BACA JUGA:Unej Terima Kado Istimewa Bus Double Decker dari Bank Syariah Indonesia

Ketua panitia, Aditya Budi Setiyawan, mengungkapkan bahwa tema "Semarak Musik Pandalungan" dipilih dengan harapan agar kesenian musik patrol dapat terus lestari dan tidak tergerus oleh musik modern dari luar negeri.

"Musik patrol merupakan musik tradisional kentongan yang sudah ada sejak zaman nenek moyang. Musik ini biasanya dimainkan untuk membangunkan umat muslim yang berpuasa (Saur) dengan nyanyian khas pandalungan," jelas Aditya. Minggu 31 Maret 2024 (dini hari)

Musik Tradisional ini, dilepas oleh para tamu undangan utama mengelilingi kota sejauh 3 KM, start dwobel W Unej menuju jl PB Sudirman melintas Alun-alun Jember, Jl Ahmad Yani dan belok ke Kanan menuju Jl Kartini.

BACA JUGA:Kisah Inspiratif: 17 Kali Gagal Tes PTN, Ikin Raih Prestasi Gemilang di Unej

Warek 3 Unej, dr Fendi Setyawan, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya lomba ini. Menurutnya, kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk menjaga dan melestarikan budaya lokal.

"Unej sebagai salah satu perguruan tinggi negeri di Jawa Timur memiliki tanggung jawab untuk melestarikan budaya lokal, salah satunya melalui musik patrol. Lomba ini diharapkan dapat menjadi wadah bagi para generasi muda untuk mengembangkan bakat mereka dalam bermusik patrol," ujar dr Fendi.

BACA JUGA:Fakultas Kedokteran Unej dan RSI At-Tin Husada Ngawi Gelar Operasi Bibir Sumbing Gratis

Sementara itu, Bambang Rudianto, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jember, mengatakan bahwa pihaknya mendukung penuh kegiatan ini. Menurutnya, musik patrol merupakan salah satu kekayaan budaya Jember yang harus dilestarikan.

"Kami berharap lomba ini dapat meningkatkan minat masyarakat terhadap musik patrol, khususnya generasi muda. Selain itu, lomba ini juga diharapkan dapat menjadi ajang promosi wisata budaya Jember," kata Bambang.

Lomba Musik Patrol ke-24 Unej ini berlangsung Sehari pada tanggal 31 Maret April 2024. Para pemenang lomba akan mendapatkan hadiah uang pembinaan dan tropi. (edy)

Sumber: