Tidak Ada Pertemanan yang Tulus di Perkuliahan? Inilah 5 Fakta Pertemanan di Dunia Kuliah

Tidak Ada Pertemanan yang Tulus di Perkuliahan? Inilah 5 Fakta Pertemanan di Dunia Kuliah

Tidak Ada Pertemanan yang Tulus --

SURABAYA, MEMORANDUM - Perkuliahan sering kali menjadi medan subur untuk terjalinnya hubungan sosial, namun, apakah semua pertemanan di sana benar-benar tulus

Berikut adalah 5 fakta menarik tentang pertemanan di dunia kuliah yang mungkin membuat Anda berpikir ulang tentang keakraban di antara teman sekelas:

1. Persaingan yang Kental

Di tengah tekanan akademik dan persaingan yang ketat untuk meraih prestasi, banyak mahasiswa mengutamakan pencapaian pribadi daripada membina hubungan yang tulus. 

Hal ini sering kali mengakibatkan pertemanan yang terasa lebih sebagai strategi sosial daripada ikatan emosional yang kuat.

BACA JUGA:5 Kegiatan Seru Bersama Teman di Bulan Ramadan yang Bikin Makin Meriah

2. Kedekatan Sementara

Banyak pertemanan di dunia kuliah cenderung bersifat sementara. 

Mahasiswa sering kali berpindah-pindah lingkungan, mata kuliah, dan bahkan perguruan tinggi, menyebabkan pertemanan yang terjalin di satu tempat bisa cepat terputus di tempat lain.

3. Interaksi yang Terbatas

Meskipun berada dalam lingkungan yang sama, interaksi antar mahasiswa sering kali terbatas pada ruang kelas dan kegiatan akademik. 

Hal ini membuat kesempatan untuk membina pertemanan yang mendalam menjadi terbatas, dengan banyak mahasiswa lebih fokus pada pencapaian individu mereka.

4. Perbedaan Kepentingan

Setiap mahasiswa memiliki kepentingan dan tujuan yang berbeda-beda di dunia kuliah. 

Sumber: