Taman Nasional Bromo Tengger Semeru: Petualangan Alam yang Memukau

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru: Petualangan Alam yang Memukau

Taman Nasional Tengger, Bromo.-pixabay-

MEMORANDUM - Di Jawa Timur, terhampar sebuah taman nasional yang menyimpan pesona alam yang luar biasa: taman nasional Bromo Tengger Semeru. Di sini, petualangan menanti para penjelajah, dengan panorama gunung berapi aktif, lautan pasir yang luas, dan budaya suku Tengger yang unik.

1. Gunung Bromo

Ikon utama taman nasional ini adalah Gunung Bromo, gunung berapi aktif yang dikelilingi oleh lautan pasir yang luas. Mendaki Gunung Bromo dan menyaksikan matahari terbit dari puncaknya merupakan pengalaman yang tak terlupakan.

BACA JUGA:Ramadan Penuh Berkah, HDCI Surabaya Berbagi dengan Anak Yatim dan Berangkatkan Umrah 6 Marbot

2. Lautan Pasir

Pasir Bromo, yang terbentang luas di kaki Gunung Bromo, menawarkan sensasi petualangan layaknya di padang pasir. Pengunjung dapat menjelajahi lautan pasir dengan jeep atau menunggang kuda.

3. Suku Tengger

BACA JUGA:5 Jemaah Umrah Dipenjara di Arab Saudi, Wapres Minta Kemenag Edukasi Masyarakat

Keunikan budaya suku Tengger menjadi daya tarik tersendiri di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Suku Tengger, yang masih menganut animisme, memiliki tradisi dan ritual yang menarik, seperti Upacara Kasada.

Wisata lainnya selain Gunung Bromo, lautan pasir, dan suku Tengger, taman nasional ini juga menawarkan wisata lain, seperti:

• Gunung Semeru Gunung tertinggi di Jawa ini menantang para pendaki profesional dengan jalur pendakian yang terjal dan pemandangan yang luar biasa.

• Air Terjun Madakaripura: Air terjun abadi yang dikelilingi tebing batu ini menawarkan suasana magis dan menyegarkan.

• Savana Teletubbies: Padang rumput luas dengan bukit-bukit kecil ini menghadirkan pemandangan yang indah dan asri.

Tips Berkunjung:

Sumber: