Timnas Indonesia Menang 1-0 atas Vietnam, STY Optimistis Bisa Menang di Hanoi

Timnas Indonesia Menang 1-0 atas Vietnam, STY Optimistis Bisa Menang di Hanoi

Pemain timnas merayakan gol yang dicetak Egy pada menit ke-52.--

JAKARTA, MEMORANDUM - Indonesia berhasil mengalahkan Vietnam dengan skor 1-0 dalam ajang Kualifikasi Piala Dunia 2026 Grup F Zona Asia di Stadion Gelora Bung Karno, Kamis 21 Maret 2024 malam. Gol tunggal timnas dicetak Egy Maulana Vikri menit ke-52.

Kemenangan tersebut membuat Pelatih Timnas Shin Tae-yong bangga. Apalagi ini kemenangan pertama Indonesia di kualifikasi piala dunia sejak 19 tahun lalu.

"Saya sangat bangga kepada pemain atas kerja kerasnya dan bisa menang lawan Vietnam. Saya juga berterima kasih pada Vietnam sudah jauh away dan bermain dengan keras. Di pertandingan berikutnya bisa me jadi pertandingan yang lebih bagus," kata Shin Tae-yong.

Meskipun neraih kemenangan, STY melihat bahwa permainan timnya kurang bagus pada babak pertama. Terlihat para pemain masih belum kompak dan banyak kehilangan bola. Dibabak kedua permainan lebih baik dan semakin padu.

BACA JUGA:Latihan Perdana Timnas Indonesia, STY Fokus Pemulihan

"Baik Jay dan Nathan bermain baik di babak pertama. Tapi memang belum sepenuhnya bisa beradaptasi dengan cuaca dan waktu mereka dimainkan di pertandingan selanjutnya, keduanya bisa lebih bauk lagi," ujar pelatih adal Korea Selatan itu.

Pelatih 53 tahun itu mengatakan bahwa di Piala Asia kemarin permainan timnas lebih baik karena sudah melakukan TC selama 20 hari, jadi terlihat permainan tim kompak. Untuk pertama kualifikasi piala dunia ini, mereka baru berkumpul 3 hari baik dari luar negeri dan lokal.

"Baru 3 hari kumpul langsung tanding, jadi untuk penerapan taktik agak perlu waktu dan kalau boleh jujur waktu kurang untuk pemain timnas," bebernya.

Dalam pertandingan semalam, STY tidak memainkan kiper adal Borneo FC Nadeo. Menurut sang pelatih, Nadeo dicadangkan karena ada bagian yang sedikit cedera.

BACA JUGA:Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, Gol Tunggal Egy Bawa Indonesia menang 1-0 atas Vietnam

"Karena Nadeo ada sedikit cedera jadi kami putuskan untuk beristirahat. Untuk gok Egy itu memang taktik makanya bisa menjadi gol. Kalau disebut keberuntunganku ya semua bisa jadi keberuntungan," ungkapnya.

Pada pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2026 selanjutnya, Timnas akan bertandang ke Hanoi, Vietnam pada 26 Maret 2024. Meskipun belum mampu menang atas Vietnam dikandangnya, tapi STY tetap optimistis bisa meraih kemenangan.

"Indonesia memang tidak pernah menang di Hanoi, Vietnam. Kalau begitu kali ini saya buktikan akan menang di leg kedua," pungkasnya.(rid)

Sumber: