Buka MTQ XXVII, Bupati Lamongan: Ajang Kembalikan Marwah Qori Qoriah di Lamongan

Buka MTQ XXVII, Bupati Lamongan: Ajang Kembalikan Marwah Qori Qoriah di Lamongan

Bupati Yuhronur Efendi resmi membuka MTQ ke XXVII tingkat Kabupaten Lamongan--

LAMONGAN, MEMORANDUM - Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Kabupaten Lamongan ke XXVII tahun 2024 resmi dibuka oleh Bupati Lamongan Yuhronur Efendi, Selasa (19/3/2024) di Pendopo Lokatantra.

MTQ ini merupakan ajang untuk mempersiapkan bibit unggul kafilah Lamongan. Yang mana para kafilah yang menjadi juara akan dikirim untuk mengikuti MTQ tingkat provinsi hingga nasional.

Selain itu kegiatan ini berupaya untuk mengembalikan marwah Kota Soto sebagai gudangnya qori/qoriah di Indonesia.

"Kabupaten Lamongan dua kali berturut-turut berhasil mempertahankan juara umum dalam MTQ tingkat Provinsi awa Timur. Ajang MTQ tingkat kabupate ini sebagai bentu langkah awal persiapan menuju MTQ tingkat provinsi hingga nasional. Selain itu dengan adanya kegiata ini kami berupaya mengembalikan marwah Lamongan sebagai gudangnya qori/qoriah di Indonesia," tutur Pak Yes, sapaan akrab Bupati Lamongan.

BACA JUGA:Maksimalkan Sawah Tadah Hujan di Lamongan dengan Gerakan Pompanisasi

BACA JUGA:Mentan Tinjau Pompanisasi dan Tanam Padi di Lamongan

Bupati Lamongan meminta kepada Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) dan para kafilah, diminta mengikuti rangkaian kompetisi MTQ hingga pelatihan untuk persiapan MTQ tingkat lanjut dengan mengedepankan kualitas.

Selajutnya, kejuaraan lomba MTQ ke XXVII ini berlangsung selama dua hari, terhitung mulai hari Selasa 19 Maret hingga Rabu 20 Maret 2024. “Ada tujuh cabang yang dilombakan, setiap cabang masing masing ada golongannya.

Dijelaskan, golongan putera dan puteri, anak-anak, remaja, bahkan di cabang Tilawah ada golongan khusus untuk cacat netra,” terang Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) Kabupaten Lamongan, Moh. Nalikan.

Kejuaraan MTQ tingkat Kabupaten Lamongan ini untuk masyarakat Jawa Timur, tidak hanya untuk Lamongan saja. "Alhamdulillahn kita lihat tahun ini antusias pendaftarnya luar biasa banyak.

"Tercatat ada 580 pendaftar, jumlah tersebut harus mengikuti seleksi secara online, Nalikan melaporkan bahwa minat MTQ di kalangan masyarakat mulai meningkat, dapat dilihat dari jumlah pendaftar MTQ ke XXVII kali ini.

"Sehingga peserta yang dapat lanjut ke babak berikutnya berjumlah 239, berasal dari dua kategori (utusan kecamatan dan independen). Dari jumlah peserta tersebut akan kita ambil 3 juara per kategorinya.

Selanjutnya, pengukuhan Dewan Hakim dan Panitera MTQ tingkat Kabupaten Lamongan tahun 2024 oleh Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) Kabupaten Lamongan.

"Ini dengan harapan dapat memberikan penilaian pada MTQ secara objektif dan profesional atau sesuai indikator penilaian yang telah ditetapkan disetiap cabang dan golongan. (pul).

Sumber: