Mantan Narapidana Timba Ilmu Kewirausahaan dan Marketing Produk Kebersihan

Mantan Narapidana Timba Ilmu Kewirausahaan dan Marketing Produk Kebersihan

Klien Pemasyarakatan Bapas Jember, secara seksama mengikuti pelatihan praktek pembuatan sabun-Biro Jember-

JEMBER, MEMORANDUM - Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kelas II Jember Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Timur menyelenggarakan pelatihan kewirausahaan bagi klien pemasyarakatan dalam rangka meningkatkan kemandirian mereka setelah menjalani masa pembinaan (Wajib lapor) Pelatihan ini diadakan bekerja sama dengan PT Kalimias Bintang Nusantara (KBN) di Coffe Dira pada Rabu, 6 Februari 2024.

Kegiatan kemandirian yang diikuti 20 klien Pemasyarakatan. Telah hadir Kepala Balai Pemasyarakatan Kelas II Jember Basuki Rahardjo dan Cokro Prayitno direktur PT Kalimias Bintang Nusantara, bersama tim CV Menggapai Impian dari Solo, Dwi Setyawan dan Arif sebagai pemateri teknis produk kebersihan.

Kepala Bapas Kelas II Jember, Basuki Rahardjo, menjelaskan bahwa pelatihan ini bertujuan untuk membekali klien dengan keterampilan dan pengetahuan dalam membuat produk kebersihan, seperti sabun cuci piring, deterjen, dan sabun cuci tangan.

"Diharapkan dengan pelatihan ini, klien dapat memiliki bekal dan skill serta ilmu marketing pemasaran untuk membuka usaha dan hidup mandiri setelah kembali ke masyarakat," ujar Basuki, Rabu 6 Februari 2024.

BACA JUGA:Bapas Jember Gelar Program Pasca Rehabilitasi, Mewujudkan Klien Pemasyarakatan Sehat, Sadar, dan Bebas Narkoba

Pelatihan ini diikuti oleh 20 orang klien wajib lapor Bapas Kelas II Jember dan menghadirkan narasumber dari PT Kalimias Bintang Nusantara, Cokro Prayitno. Cokro memberikan materi tentang motivasi dan teknik pemasaran produk sabun.

"Kami senang dapat membantu Bapas Jember dalam memberikan pelatihan kewirausahaan kepada kliennya. Kami berharap klien Pemasyarakatan termotivasi dan menyerap ilmu yang diberikan dapat bermanfaat bagi mereka untuk membangun usaha dan hidup mandiri," kata Direktur PT Kalimias Bintang Nusantara,

Lebih lanjut Cokro, menawarkan pada Klien Pemasyarakatan selain bisa memproduksi sendiri sekaligus menjadi distributor, reseller atau pemasaran (selesmen/SPG) produk kebersihan yakni sabun cuci piring, diterjen, pel lantai, Sof Tener dan pengharum pakaian serta produk Kecantikan.

Tentunya kami membuka peluang kerja, kepada mantan Warga pemasyarakatan yang pernah mengalami masa kelam di dalam jeruji besi dan pengapnya tembok tebal lembaga pemasyarakatan Jember, bisa bangkit mulai dari nol bersama PT KBN.

BACA JUGA:Kabapas Jember Ajak Pegawai Bekerjasama Wujudkan WBK dan WBBM

"Kami dari PT KBN membuka kesempatan bagi para mantan narapidana tidak melihat mereka melakukan kejahatan apa dan lulus sekolah apa tapi, kami ingin kejujuran dan semangat mereka untuk menuju kehidupan memiliki ekonomi lebih baik buat diri sendiri dan keluarganya," pungkas Cokro.(edy)

Sumber: