Baru 10 Hektare, Realisasi TPU Waru Gunung Terkendala Pembebasan Lahan

Baru 10 Hektare, Realisasi TPU Waru Gunung Terkendala Pembebasan Lahan

Baru 10 Hektare, Realisasi TPU Waru Gunung Terkendala Pembebasan Lahan.--

SURABAYA, MEMORANDUM-Ketersediaan makam di TPU Babat Jerawat dan TPU Keputih sudah mulai menipis. Dengan penduduk yang mencapai hampir 3 juta orang, kebutuhan permakaman di kota pahlawan ini sangat penting. Sebab setiap harinya penduduk ada yang lahir dan meninggal dunia. 

Misalnya TPU Keputih terletak di Surabaya timur dan TPU Babat Jerawat di Surabaya barat. Meski tergolong baru, lahan seluas sekitar 30 hektare di Keputih kini kondisinya semakin padat.

Kepala UPTD Pemakaman Pemkot Surabaya, Khoirun Nisa menyebutkan bahwa data rata rata tahunannya ada 2.200 pemakaman di lokasi tersebut. Sedangkan untuk di Babat Jerawat data rata rata tahunannya ada 1.000 warga yang meninggal dimakamkan.

BACA JUGA:Warga Balas Klumprik Tolak Lahan Makam Pondok Maritim Indah Dikelola Pemkot Surabaya

"Rata-rata tahunannya ada sekitar 2.200 di TPU Keputih dan Babat Jerawat 1.000," kata Nisa diwawancarai Memorandum. 

BACA JUGA:Buang Kesan Angker, Pemkot Madiun Gelar Lomba Kebersihan Makam

Pihaknya memprediksi dari sisa lahan yang ada di kedua TPU tersebut, cukup untuk menampung jenazah dalam dua tahun sampai lima tahun ke depan. 

BACA JUGA:Harjasda Ke-165, Forkopimda Ziarah Makam Mantan Bupati

"Kalau di Keputih masih bisa 5 tahun lagi, tapi kalau di Babat Jerawat cuma bisa 2 tahun lagi. ungkapnya. 

Oleh karena itu, pihaknya sebenarnya sudah dari jauh-jauh mencari lahan baru untuk dijadikan tempat permakaman baru. Karena menurutnya, kalau tidak disiapkan mulai sekarang akan semakin sulit karena lahan luas di Kota Surabaya ini semakin terbatas. 

"Meski di dua TPU (Keputih dan Babat Jerawat) masih cukup untuk menampung makam baru, tetapi tetap kita harus persiapan lokasi lokasi makam baru. Kalau ada banyak sebenarnya kan enak," ujarnya. 

Salah satu rencananya pemkot menambah makam di kawasan Warugunung hingga kini lahan tersebut masih tahap pembebasan

"Kalau yang TPU di Waru Gunung itu masih pematangan lahan karena belum dibebaskan semua dan belum selesai semua, " ujarnya. 

TPU baru yang berda di kawasan Surabaya selatan tersebut saat ini baru dibebaskan sekitar 10 hektar dari total rencana seluas 80 hektar. 

Sumber: