Final Carabao Cup 2023/2024: Liverpool Raih Gelar ke-10 Usai Taklukkan Chelsea 1-0

Final Carabao Cup 2023/2024: Liverpool Raih Gelar ke-10 Usai Taklukkan Chelsea 1-0

Para pemain Liverpool merayakan gelar juara Carabao Cup 2023/2024 usai mengalahkan Chelsea di partai final. --

MEMORANDUM - Liverpool berhasil mengalahkan Chelsea dalam partai Final Carabao Cup 2023/2024 dengan skor 1-0. Pertandingan yang digelar di Wembley Stadium tersebut harus diselesaikan lewat extra time 2x15 menit.

Liverpool berhak menyadang klub tersukses dalam gelaran Piala Liga Inggris tersebut dengan 10 gelar berkat gol tunggal sang kapten Virgil Van Dijk pada menit ke-118 lewat sundulannya.

Liverpool mengambil inisiatif selepas wasit meniupkan peluit pertama. Peluang baru hadir pada menit ke-9, saat umpan silang Andy Robertson yang mengarah ke Luis Diaz.

Namun sayang sundulan Diaz begitu lemah dan dengan mudah ditahan kiper Dorde Petrovic.

Empat menit berselang, The Blue julukan Chelsea mengancam lewat sepakan Malo Gusto dari depan kotak penalti namun masih bisa ditahan oleh kiper Caoimhin Kelleher.

BACA JUGA:Final Carabao Cup 2023/2024, Liverpool Lebih Diunggulkan

Chelsea kembali membuang peluang bagus pada menit ke-21. Umpan silang Conor Gallagher gagal diselesaikan dengan baik oleh Raheem Sterling.

Tapi bolah liar yang mengarah ke Cole Palmer yang berdiri bebas langsung melakukan tendangan dan masih kembali Caoimhin Kelleher dapat menahannya.

Tim asuhan Mauricio Pochettino sempat mencetak gol pada menit ke-33. Nicolas Jackson yang menusuk di sisi kanan memberikan umpan silang yang mampu diselesaikan Sterling. Namun gol tersebut dibatalkan karena Jackson berada dalam posisi offside.

Liverpool hampir daja unggul pada menit ke-40. Sundulan Gakpo menyambut umpan Robertson membentur tiang gawang. Babak pertama berakhir tanpa gol.

Di awal babak kedua, Liverpool bermain lebihenyetang beberapa peluang berhasil diciptakan namun masih belum berbuah gol.

Salah satunya dari tembakan voli Harvey Elliott pada menit ke-58 masih bisa ditepis Petrovic.

Liverpool sempat mencetak gol pada menit ke-60 melalui skema tendangan bebas. Andrew Robertson yang melakukan eksekusi tendangan bebas memberikan umpan silang ke depan gawang yang langsung sundulan Van Dijk. Tapi wasit menganulir gol tersebut usai mengecek VAR.

BACA JUGA:Foden Hattrick, Selisih dengan Liverpool Tinggal 2 Poin tapi City Punya Satu Laga Sisa

Chelsea nyaris memimpin pada menit ke-76. Sontekan Gallagher memanfaatkan umpan Palmer menghantam tiang gawang.

Gallagher membuang peluang lain pada menit ke-86. Dalam posisi bebas menerima umpan Palmer, tembakannya tepat ke arah Kelleher yang bergerak maju.

Peluang beruntun dimenit akhir babak kedua didapatkan Chelsea pada menit ke-93. Sepakan pertama Nkunku diblok, lalu tembakan Palmer ditahan Kelleher, upaya kedua dari Nkunku juga berakhir di tangan kiper.

Hingga enam menit tambahan waktu babak kedua udai skor masih sama kuat 0-0 dan dilanjutkan babak extra time 2x15 menit.

Dibabak extra time, Liverpool akhirnya berhasil mencetak gol. Saat pertandingan seakan dilanjutkan babak adu penalti, kapten Liverpool Virgil van Dijk berhasil menjadi pahlawan kemenangan berkat golnya di menit ke-188.

Melalui skema sepak pojok, umpan Konstantinos Tsimikas berhasil dituntaskan dengan baik lewat tandukan pemain adal Belanda tersebut. Bola yang mengarah di pojok kanan tak mampu diantisipasi penjaga gawang.

Liverpool mengunci kemenangan 1-0 atas Chelsea lewat laga dramatis, dan membuat meteka meraih gelar Piala Liga Inggris ke-10 sepanjang sejarah. Gelar juara ini juga menegaskan Liverpool sebagai tim tersukses di Piala Liga Inggris dengan 10 gelar. (rid)

Sumber: