Ledakan di Rumah Ketua KPPS di Pamekasan, Polda Jatim Terjunkan Tim Jatanras

Ledakan di Rumah Ketua KPPS di Pamekasan, Polda Jatim Terjunkan Tim Jatanras

Kapolda Jatim Irjenpol Imam Sugianto memberikan keterangan ke awak media. --

SURABAYA, MEMORANDUM- Ledakan terjadi di rumah milik Kusairi (53) seorang guru yang sekaligus Ketua KPPS di Dusun Timur, Desa Nyalabuh Daya, Kecamatan/Kabupaten Pamekasan, Senin 19 Februari 2024 dini hari sekitar pukul 03.00 WIB.

Terkait dengan ledakan yang terjadi di Pamekasan, Kapolda Jawa Timur Irjenpol Imam Sugianto mengatakan, pihaknya sudah melakukan identifikasi bahan dasar bom biasa digunakan untuk bom ikan bondet.

"Motif pelaku sedang didalami sama tim, dalam waktu tidak terlalu lama, mudah-mudahan dapat kita ungkap, doakan saja,” kata Kapolda Jatim.

BACA JUGA:Sukses Kawal Pemilu Damai, Mahasiswa Cipayung Plus Beri Apresiasi Kapolda Jatim

Kapolda menambahkan, dalam kejadian tersebut tidak ada korban jiwa. Hanya ada kerugian materi dari kerusakan rumah di bagian depan tersebut. 

BACA JUGA:Kapolres Kediri Kota Dampingi Pamatwil Polda Jatim Cek Kesiapan TPS Pemilu 2024

"Kita belum tahu motifnya, kita tidak usah berandai andai, biarkan tim bekerja dulu,” jelasnya.

Sampai saat ini, lanjut Kapolda, sudah ada beberapa yang dimintai keterangan, tapi belum mengarah ke pelaku pelemparan bom ikan. 

“Biarkan tim penyidik dari Polres Pamekasan sama backup Polda sedang bekerja kita tunggu aja,” tambahnya.

Sementara untuk pengamanan Polda Jatim pada saat Pemilu 2024, Kapolda menyebut, bahwa pengamanan pemilu secara umum alhamdulillah berlangsung baik.

“Pemetaan kerawanan yang kita lakukan bekerja sama dengan para Kapolres berjalan dengan baik, dan beberapa pasukan sudah kita tarik ke polda untuk standby. Mana kala ada kerawanan lain muncul kita distribusikan kembali,” tutup dia. 

Dalam kejadian ini, Subdit III Jatanras Ditreskrimum Polda Jatim dikirim untuk membackup Polres Pamekasan yang dipimpin langsung oleh AKBP Arbaridi Jumhur. 

Kasubdit Ditreskrimum Polda Jatim AKBP Arbaridi Jumhur saat dikonfirmasi Memorandum membenarkan bahwa timnya sudah dikirim ke Pamekasan untuk membantu Polres Pamekasan terkait rumah Ketua KPPS yang diledakkan menggunakan bom ikan bondet. 

"Iya benar, tim Jatantas Polda Jatim dikirim untuk mem-backup ledakan di rumah Ketua KPPS di Dusun Timur, Desa Nyalabuh Daya, Kabupaten Pamekasan, Senin 19 Februari 2024 dini hari," kata AKBP Jumhur

Sumber: