Tidak Butuh Waktu Lama Security RSD dr Soebandi Sigap Padamkan Api di Ruang Poli Jantung

Tidak Butuh Waktu Lama Security RSD dr Soebandi Sigap Padamkan Api di Ruang Poli Jantung

Petugas pemadam keluar dari ruang poli jantung.--

JEMBER, MEMORANDUM-Kebakaran terjadi di Ruang Poli Jantung Rumah Sakit Daerah (RSD) Soebandi Jember, Jawa Timur, sekitar Pukul 23.10 WIB, Jumat malam 16 Februari 2024.

Insiden tersebut diketahui, ketika asap tebal memenuhi ruang loby dan Instalasi Gawat Darurat (IGD) rumah sakit. 

Nampak, saat itu pegawai dan perawat hingga keluarga Pasien di RSD Soebandi Jember, berhamburan keluar ruangan, untuk menyelamatkan diri.

BACA JUGA:Caleg Nasdem DPRD Dapil 1 Ngamuk di Kantor Kecamatan Ajung Jember

Anggota Regu A Damkar dan Penyelamatan Mako Pemkab Jember Hary Aksarawan mengatakan setelah menerima laporan itu, pihaknya menerjunkan lima personel dan satu unit mobil pemadam.

BACA JUGA:Kodim Jember Tuntaskan Renovasi 20 Unit RTLH, Wujud Sinergi Pemprov Jatim dan Kodam V/Brawijaya

"Ada 5 orang personel dan satu truk damkar langsung berangkat ke lokasi kejadian," ujarnya saat di konfirmasi, Jumat 17 Februari 2024

Menurutnya, proses pemadaman kebakaran itu tidak butuh waktu lama. Sebab sebagian api, telah dipadamkan oleh petugas kemanan RSD dr Soebandi Jember menggunakan APAR (Alat Pemadam Api Ringan).

"Alhamdulillah kobaran api tidak sampai menjalar dan membesar serta meluas. Karena petugas keamanan dan pegawai rumah sakit juga sigap. Tadi kami datang juga memastikan kobaran api kecil padam dan tinggal melakukan pendinginan," ujar Hary.

Dugaan sementara, kata Hery, kebakaran tersebut karena korsleting listrik di Ruang Poli Jantung rumah sakit ini. Sebab, titik apinya berasal dari stop kontak.

"Kebakaran ini diduga karena korsleting listrik yang terjadi di Ruang Poli Jantung. Titik api diduga dari stop kontak atau colokan listrik. Antara ke komputer atau AC," urainya.

Sementara untuk kerugiannya, Hery mengaku belum menghitung secara rinci. Namun yang jelas, satu unit komputer di ruangan itu ludes dilahap Si Jago Merah.

"Terkait kerugian hanya materiil, satu unit komputer ludes habis. Nominal pastinya masih dihitung. Dan juga alhamdulillah nihil korban. Selanjutnya pihak rumah sakit membersihkan sisa-sisa kebakaran," ungkapnya.

Sementara itu, Suhartini, seorang keluarga pasien di RSD dr Soebandi Jember mengaku panik saat insiden itu berlangsung. Karena saat itu, asap tebal kebakaran sempat memenuhi ruangan lobi rumah sakit.

Sumber: