Mengantuk, Petugas KPPS di Surabaya Alami Kecelakaan Hingga Meninggal Dunia

Mengantuk, Petugas KPPS di Surabaya Alami Kecelakaan Hingga Meninggal Dunia

Ilustrasi kecelakaan.--

SURABAYA, MEMORANDUM-Kabar duka datang pasca Pemilu 2024. Salah seorang petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di Kecamatan Tegalsari, Surabaya, meninggal dunia usai menuntaskan hituang suara di TPS 43 Kedungdoro. 

Imnesti Aufa Emnistya (22), petugas KPPS 43 Kedungdoro menghembuskan napas terakhirnya akibat kecelakaan sewaktu berangkat kerja. Dari keterangan yang dihimpun Memorandum, korban mengantuk saat berkendara. Kejadian ini dibenarkan anggota Panwascam Tegalsari, Hari Agung. 

BACA JUGA:Berdasarkan Real Count KPU, Caleg DPR RI Dapil Jawa Timur 1 Ini Berpeluang Lolos ke Senayan

"Petugas KPPS 43 Kelurahan Kedungdoro meninggal dunia akibat kecelakaan berangkat kerja. Itu setelah korban menyelesaikan tugasnya hingga pukul 5 pagi kemudian lanjut pukul 7 berangkat kerja. Saat berkendara tersebut korban alami kecelakaan lalu meninggal di tempat. Infonya karena ngantuk," terang Hari Agung, Jumat (16/2). 

BACA JUGA:Pemkot Malang Beri Santunan KPPS Meninggal Dunia

Panwascam Tegalsari berharap kejadian ini mendapat atensi dari KPU Surabaya maupun pemerintah. Sebab berdasarkan Surat Menteri Keuangan Nomor S-647/MK.02/2022, ada alokasi santunan bagi KPPS yang meninggal dunia saat bertugas di Pemilu 2024.

Dalam surat Menkeu tersebut, santunan yang diberikan untuk KPPS yang meninggal dunia sebanyak Rp36 juta + bantuan biaya pemakaman Rp10 juta.

"Semoga ada perhatian dari KPU Surabaya terhadap keluarga korban. Kita mendorong KPU untuk memberikan santunan kepada keluarga korban," harap Agung.

Selain di Kedungdoro, petugas KPPS juga ada yang meninggal dunia di Ngagel Rejo. Joko Budiono, ketua KPPS TPS 42 Ngagel Rejo, Kecamatan Wonokromo, dikabarkan meninggal pada hari Jumat (16/2) sekitar pukul 08.15 di RSUD Dr Soetomo.

"Iya benar, informasi yang kami dapatkan karena kecapekan pasca penghitungan suara di TPS. Lalu korban dibawa ke rumah sakit dan telah mendapat perawatan intensif," terang Achmad Muzakky, ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Wonokromo. 

"Semoga almarhum Diampuni segala kekhilafannya dan diterima di surga Allah SWT," sambungnya.

Sementara itu, di Kelurahan Wonokusumo juga terdapat petugas KPPS yang dikabarkan meninggal dunia akibat kelelahan. Namun kabar ini masih dilakukan kroscek oleh penyelenggara pemilu, LPMK, dan pengurus kelurahan maupun kecamatan. 

"Kabarnya seperti itu, ada salah satu petugas KPPS asal Wonokusumo Bhakti yang meninggal dunia. Kurang tahu TPS berapa. Namun kabar ini masih dirahasiakan. Saat ini saya sedang berkoordinasi dengan pihak kelurahan untuk memastikan kabar tersebut," beber Sujali, ketua LPMK Wonokusumo. (bin)

Sumber: