Berikut Ini Beragam Manfaat Kopi, Salah Satunya Dapat Mempertahankan Berat Badan

Berikut Ini Beragam Manfaat Kopi, Salah Satunya Dapat Mempertahankan Berat Badan

kopi--

SURABAYA, MEMORANDUM - Kopi banyak dikenal sebagai penambah energi atau melawan rasa kantuk. Padahal, ada banyak manfaat Kopi lainnya yang baik untuk kesehatan. Untuk mengetahui beragam manfaat Kopi, simak pembahasannya berikut ini.

Kopi merupakan minuman yang berasal dari biji kopi yang dihaluskan. Kopi merupakan salah satu minuman paling populer. Di balik rasanya yang pahit, kopi memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

BACA JUGA:Nyesel Baru Tahu! 4 Manfaat Minum Kopi yang Dapat Mencegah Berbagai Penyakit

Beragam Manfaat Kopi untuk Kesehatan

1. Menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa minum kopi sebanyak dua cangkir per hari dapat mencegah resistensi insulin dan menurunkan risiko terjadinya diabetes tipe 2. Manfaat kopi ini diyakini karena kandungan kafein di dalamnya.

2. Memelihara kesehatan otak

Minum kopi juga diketahui bermanfaat untuk memelihara kesehatan otak. Pada beberapa penelitian, konsumsi kopi mengurangi risiko terjadinya demensia atau pikun. Untuk mejaga kesehatan dan fungsi otak, sebaiknya Anda juga memenuhi supan makanan bergizi yang berasal dari buah dan sayur serta rutin berolahraga.

BACA JUGA:Peran Laparoskopi Pada Gangguan Kesuburan dan Program Kehamilan

3. Mencegah penyakit Parkinson

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi minuman berkafein, termasuk kopi, dapat menurunkan risiko terkena penyakit Parkinson. Tak hanya itu, mengonsumsi kopi juga diyakini berpotensi membantu penderita Parkinson dalam mengontrol gerakan tubuh lebih baik.

4. Memelihara kesehatan liver

Ada berbagai penyakit yang dapat menyerang organ hati atau liver, seperti hepatitis, perlemakan hati, sirosis, dan kanker hati. Mengonsumsi dua cangkir kopi sehari diketahui bermanfaat dalam mencegah berbagai penyakit tersebut.

BACA JUGA:Ketahui Manfaat dan Risiko Kopi Hijau Berikut Ini Sebelum Mengonsumsinya

Sumber: