Jangan Biarkan Bisnis Anda Rugi! Inilah Mengapa Legalitas Usaha Itu Krusial

Jangan Biarkan Bisnis Anda Rugi! Inilah Mengapa Legalitas Usaha Itu Krusial

CEO & Founder PT TOP Legal Group Anis Tiana Pottag, S.H., M.H., M.Kn. M.M. --

Kepatuhan Terhadap Hukum

Memiliki izin usaha merupakan bukti kepatuhan terhadap hukum. Ini mencerminkan integritas dan komitmen perusahaan dalam menjalankan usaha yang bertanggung jawab dan etis.

Jenis-Jenis Perizinan Usaha

- Nomor Induk Berusaha (NIB)

NIB adalah bukti bahwa suatu badan usaha/badan hukum maupun pelaku usaha perorangan terdaftar dalam sistem Online Single Submission (OSS). Ini adalah langkah awal untuk mendapatkan legalitas usaha.

- Izin Usaha

Sebelum melakukan aktivitas operasional, perusahaan memerlukan izin usaha. Ini termasuk izin mendirikan bangunan, izin lingkungan yang penting untuk menjamin kepatuhan terhadap regulasi, sertifikat laik fungsi, kesesuaian kegiatan pemanfaatan ruang,.

- Izin Komersial

Untuk izin ini, didapatkan setelah memenuhi syarat-syarat tertentu untuk beroperasi di dibidangnya

Perizinan Usaha Berbasis Risiko

- Pengelompokan Tingkatan Perizinan

Pemerintah telah mengklasifikasikan tingkatan perizinan berdasarkan risiko yang berkaitan dengan kegiatan usaha. Mulai dari risiko rendah hingga risiko tinggi, setiap kategori memiliki persyaratan khusus yang sesuai.

- UU Cipta Kerja dan Risk Based Licensing Approach

UU No 6 Tahun 2023 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang- Undang Nomor 2 Tahun 2022 tentang Cipta Kerja menjadi Undang-Undang mengubah prosedur perizinan menjadi berbasis risiko, yang dijalankan melalui platform OSS. Hal tersebut bertujuan untuk menyederhanakan proses perizinan

- OSS RBA

Sumber: