Ini Kampung Bebas Rentenir dan Pinjol Desa di Lamongan

Ini Kampung Bebas Rentenir dan Pinjol Desa di Lamongan

Situasi kegiatan sedekah UMKM pada kampung bebas rentenir dan pinjol di desa Nguwok, Kecamatan Modo, Lamongan, Jawa Timur--

LAMONGAN, MEMORANDUM - Konsep kampung bebas rentenir dan pinjol (pinjaman online) di desa Nguwok, Kecamatan Modo, Lamongan, yang menjadi binaan Yayasan Berkas Bersinar Abadi patut diapresiasi sekaligus sebagai study tiru bagi yang lain.

Kegiatan ini atas inisiasi yang digagas oleh, @PurnomoBelajarBaik#, ia seorang anggota Polisi Polres Lamongan Polda Jawa Timur, Sabtu 27 Januari 2024.

Kini ada sebanyak 20 keluarga yang dibina secara rutin oleh Yayasan Berkas Bersinar Abadi dan rutin dilakukan dua minggu sekali. Agar nantinya terlepas hutang dan bisa mandiri.

"Sesuai agenda Minggu tanggal 28 Januari 2024 mulai jam 18.00 WIB sampai selesai kembali akan digelar kegiatan tersebut sekaligus dilakukan sedekah UMKM," ujar Hartutik Kepala Desa Nguwok, Kecamatan Modo Lamongan.

Dijelaskannya, konsep kampung bebas rentenir dan pinjol di desa Nguwok ini digagas bersama Yayasan Berkas Bersinar Abadi. Para peserta yang menjadi binaan dibimbing secara berkelanjutan yang dilakukan dua minggu sekali.

Dalam kegiatan pembinaan tersebut masing masing diberikan modal usaha Rp 500 ribu untuk jualan makan dan minuman. Namun makanan itu dibagikan secara gratis sebanyak 1.000 porsi.

"Ini bertujuan untuk memberikan semangat keluarga lebih mandiri dan bangkit UMKM serta belajar sedekah buat hidup berkah manfaat buat sesama," kata Purnomo selaku pihak Yayasan Berkas Bersinar Abadi.

Utamanya, menurut Purnomo, pembinaan karakter, agar nantinya terlepas dari hutang dan bisa hidup secara mandiri tanpa ketergantungan pada yang lain, yakni bebas dari para rentenir serta pinjaman online yang memberatkan.

Sumber anggaran dari kegiatan ini, dan dilakukan secara patungan oleh banyak sekali donatur dan sudah berjalan dua bulan. "Semoga bisa terus berjalan serta bisa Istiqomah dan manfaat dunia akhirat," harapnya. (pul).

Sumber: