Penyebab Susah Tidur Saat Hamil Trimester Pertama dan 9 Cara Mengatasinya

Penyebab Susah Tidur Saat Hamil Trimester Pertama dan 9 Cara Mengatasinya

Benarkah Ibu Hamil Dilarang Tidur di Pagi Hari--

3. Mandi air hangat sebelum tidur

Untuk mengatasi susah tidur saat hamil trimester 1, Bumil juga bisa mandi air hangat sebelum waktu tidur. Mandi air hangat membuat tubuh menjadi lebih rileks dan tenang sehingga memicu rasa kantuk. Selain itu, mandi air hangat juga dapat meredakan nyeri punggung, nyeri payudara, dan kram kaki yang biasanya dialami oleh ibu hamil.

4. Memerhatikan waktu makan malam

Perut lapar dan maag kambuh sering menjadi penyebab susah tidur saat hamil trimester 1. Untuk mengatasi sekaligus mencegahnya, pastikan Bumil sudah makan malam 3 jam sebelum tidur dengan menu yang sehat dan porsi yang tidak berlebihan.

5. Mengurangi minum di malam hari

Sering bolak-balik kamar mandi di malam hari untuk buang air kecil tentu mengganggu waktu tidur Bumil. Nah, untuk mengatasinya, Bumil dianjurkan untuk mengurangi minum di malam hari atau menjelang waktu tidur. Sebagai gantinya, cukupilah kebutuhan cairan tubuh di pagi hingga sore hari.

BACA JUGA:Inilah 7 Surat Al Qur'an yang Dibaca Saat Hamil untuk Memohon Perlindungan Allah SWT

6. Menciptakan lingkungan tidur yang nyaman

Sebagai solusi susah tidur saat hamil trimester 1, cobalah ciptakan suasana kamar tidur yang nyaman. Caranya, pastikan kamar Bumil dalam keadaan yang sejuk, gelap, dan tenang. Bila perlu, gunakan lampu tidur yang cahayanya tidak terlalu silau.

7. Tidur dalam posisi yang tepat

Trimester 1 adalah waktu yang tepat untuk mulai latihan tidur miring. Tidak hanya baik untuk Bumil agar bisa tidur nyenyak, posisi tidur miring juga dapat meningkatkan aliran darah dan nutrisi ke janin.

8. Mengalihkan pikiran yang memicu stres

Seperti yang telah dijelaskan di awal, susah tidur saat hamil trimester 1 bisa karena pikiran negatif yang memicu stres. Jika Bumil susah untuk terlelap, bangunlah dari tempat tidur dan lakukan hal lain sampai Bumil merasa mengantuk. Cara ini lebih efektif daripada hanya berbaring diam di tempat tidur.

9. Melakukan teknik relaksasi

Jika susah tidur saat hamil trimester 1 masih menjadi masalah yang sulit diatasi, cobalah melakukan beberapa teknik relaksasi, seperti meditasi, yoga, atau latihan pernapasan. Untuk mempelajarinya, Bumil bisa mengikuti kelas khusus untuk ibu hamil.

Sumber: