Kakanwil Kemenag Jatim Buka Pameran Memorandum Umrah Holiday Expo 2024

Kakanwil Kemenag Jatim Buka Pameran Memorandum Umrah Holiday Expo 2024

Kakanwil Kemenag Jatim, Husnul Marom, Direktur Utama Memorandum Choirul Sodiq dan Ketua FK Patuh Ahmad Bajuri foto bersama dalam acara pembukan Pameran Umrah Holiday Expo 2024 di Atrium Royal Plaza. --

SURABAYA, MEMORANDUM- Umrah Holiday Expo 2024 by Memorandum resmi dibuka oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Provinsi Jawa Timur Dr H Husnul Marom M.H.I, Rabu 17 Januari 2024 di Atrium Royal Plaza

Pameran Haji Travel Haji Umrah Terbesar di Jawa Timur akan berlangsung selama 5 hari tanggal 17 - 21 Januari 2024. Berbagai promo akan diberikan 19 peserta travel umroh dan haji bagi warga atau masyarakat yang datang ke stan. 

Dalam sambutannya, Kakanwil Kemenag Jatim Husnul Marom mengatakan PPU atau PPIU (Penyelenggaraan Perjalanan Ibadah Umrah) seluruh Jawa Timur berjumlah 250 yang resmi dari pemerintah. Travel-travel yang mendapatkan izin dari pemerintah wajib melayani, memberikan pembinaan dan melindungi masyarakat yang akan menjalankan ibadah baik umrah dan haji. 

BACA JUGA:Luncurkan Portal Berita Khusus Haji, Memorandum Umrah Holiday Expo 2024 Dibuka Hari Ini

"Ini adalah amanan atau pesan dari undang-undang jadi para travel yang mendapat izin dari pemerintah wajib memberikan pembinaan, memberukan pelayanan, dan juga memberikan perlindungan kepada jamaah," kata Husnul Marom. 

BACA JUGA:Makan Bersama dengan Tenaga Kebersihan, Pj Wali Kota Batu Janjikan Hadiah Umrah

Dengan kata lain, diadakannya pameran umrah dan haji sekarang ini adalah salah satu bukti pada travel peduli memberikan sosialisasi dan juga edukasi kepada masyarakat. Supaya masyarakat betul-betul terlindungi untuk yang akan daftar umrah maupun haji. 

"Perlu digaris bawahi bahwa paket umrah yang pemerintah tetapkan seperti paket cepat selama 9 hari termurah Rp 23 juta. Kalau ada marketing yang jalan dan memberikan harga dibawah ketetapan pemerintah, wajib dicurigai dan segera melaporkan ke kami. Supaya kami tegur segera agar tidak ada lagi masyarakat yang menjadi korban," ucapnya. 

Pada tahun 2023, jemaah umrah yang berangkat secara Nasional mencapai 1.368.616 orang, dan jemaah umrah Provinsi Jawa Timur sebanyak 221.387 orang (16%). Dengan demikian bahwa pasar untuk jemaah umrah di Jatim sebenarnya masih bisa ditingkatkan lagi dan menjadi peluang bagi PPIU. 

Sementara itu Direktur Utama Memorandum Choirul Sodiq mengucapkan terimakasih sebesar-besarnya kepada para peserta travel haji dan umrah. Karena dalam 3 kesempatan Expo Yang diselenggarakan memorandum masih tetap setia ikut dalam pameran. 

"Kami sudah menyelenggarakan pameran yang ketiga kali dan selama ini selalu terus bertambah. Dari periode pertama lalu periode kedua dan periode ketiga ini peserta terus bertambah. Itu menandakan bahwa kepercayaan dan amanah yang diberikan kepada kami bisa terlaksana dengan baik," kata Choirul Sodiq. 

"Saya berharap pada pameran ini bisa memberikan informasi kepada masyarakat melalui stan-stan yang tersedia yang berencana akan melakukan ibadah umrah," tutupnya. (rid)

Sumber: