Inilah 5 Cara Alami Mengendalikan Kadar Gula Darah bagi Orang Diabetes

Inilah 5 Cara Alami Mengendalikan Kadar Gula Darah bagi Orang Diabetes

ilustrasi--

SURABAYA, MEMORANDUM - Cara mengendalikan gula darah tergantung pada kondisi masing-masing orang. Bagi orang yang sehat atau memiliki risiko rendah terkena diabetes, cara mengendalikan gula darah dapat dilakukan dengan menerapkan pola hidup sehat.

Sementara itu, bagi penderita diabetes atau orang yang berisiko tinggi terkena diabetes, seperti penderita obesitas, tekanan darah tinggi, atau sindrom metabolik, pengendalian kadar gula darah umumnya dilakukan dengan penerapan gaya hidup sehat dan konsumsi obat-obatan.

 

Berikut Beragam Cara Mengendalikan Gula Darah :

1. Menjalani pola makan sehat dan bergizi seimbang

Konsumsi makanan tinggi serat, seperti buah dan sayruan untuk menurunkan gula darah, selain itu untuk mengontrol gula darah, Anda juga dianjurkan untuk membatasi asupan gula sebanyak maksimal 24 gram atau sekitar 6 sendok teh per hari.

2. Berolahraga secara rutin

Olahraga merupakan bagian penting dalam mengendalikan gula darah. Saat berolahraga, hormon insulin membawa gula darah ke dalam otot agar bisa mendapatkan energi untuk bergerak. Alhasil, kadar gula darah pun akan turun.

 

3. Mengurangi stres

Anda dianjurkan untuk mengendalikan stres agar kadar gula darah tetap normal. Anda bisa melakukan berbagai kegiatan yang Anda senangi, misalnya membaca buku, melukis, menonton film, atau mendengarkan musik.

4. Berhenti merokok dan batasi konsumsi alkohol

Merokok dapat meningkatkan risiko terjadinya berbagai komplikasi diabetes, termasuk penyakit kardiovaksular. Sementara itu, asupan alkohol yang berlebihan juga dapat memengaruhi peningkatan gula darah.

 

Sumber: