KA Pandalungan Anjlok di Tanggulangin, Penumpang Tegang dan Baca Takbir Berkali-kali

KA Pandalungan Anjlok di Tanggulangin, Penumpang Tegang dan Baca Takbir Berkali-kali

KA Pandalungan yang anjlok di emplasemen Stasiun Tanggulangin, Sidoarjo.-Biro Sidoarjo-

SIDOARJO, MEMORANDUM -  Kereta Api (KA) Pandalungan relasi Gambir-Surabaya- Jember anjlok di emplasemen Stasiun Tanggulangin, Sidoarjo, Minggu, 14 Januari 2024) pagi. Akibatnya, rute perjalanan KA terhambat.

Dari pantauan di lokasi, KA dengan 11 gerbong dari arah utara menuju ke selatan ini anjlok di emplasemen atau peron Tanggulangin pukul 07.55 WIB. 

BACA JUGA:Begini Tanggapan Warganet Soal Kecelakaan KA

Dua gerbong dan 1 lokomototif anjlok. Sementara, ekor dari rangkaian gerbong kereta ini sempat menutup di jalur perlintasan Kludan, Tanggulangin. Hingga pukul 10.00 WIB, 9 rangkaian gerbong ditarik menuju Stasiun KA Sidoarjo.

BACA JUGA:KAI Kembalikan 100 Persen Biaya Tiket Penumpang yang Batal Berangkat

Salah satu penumpang kereta asal Lumajang, Hesti mengatakan, saat kereta anjlok kondisi penumpang di dalam gerbong sempat menegangkan. Saat itu, ia merasakan getaran yang tidak wajar di dalam gerbong kereta.

BACA JUGA:Imbas KA Pandalungan Anjlok di Stasiun Tanggulangin, 2 Perjalanan KA Terkena Imbas, 1 Dibatalkan

"Kami sempat takut, sampai baca takbir berkali-kali," ujar Hesti.

Hesti menuturkan, ia naik kereta Pendalungan ini pada pukul 20.00 WIB pada Sabtu, 13 Januari 2024 malam. Ia naik dari Stasiun Gambir Jakarta rencana menuju ke Stasiun Lumajang. 

Namun akibat terjadinya kereta anjlok ini harus turun di Stasiun Tanggulangin, dan melanjutkan perjalanannya dengan kendaraan lain.

BACA JUGA:KA Pandalungan Anjlok di Emplasemen Stasiun Tanggulangin

Sementara itu, terkait dengan insiden kereta anjlok ini, pihak PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 8 Surabaya menyampaikan permohonan maaf atas terganggunya pelayanan akibat peristiwa Kecelakaan Kereta Api berupa anjloknya KA Pandalungan relasi Gambir-Surabaya-Jember di Emplasemen Stasiun Tanggulangin pada Minggu, 14 Januari 2024, pukul 07.57 WIB.

"Jalur KA untuk sementara tidak dapat dilalui akibat kecelakaan tersebut. KAI saat ini sedang berusaha melakukan upaya evakuasi rangkaian KA Pandalungan tersebut,” kata Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif, dari keterangan tertulisnya.

BACA JUGA:KA Pandalungan Anjlok di Tanggulangin, KAI Alihkan Arah Jember Lewat Malang-Blitar

Sumber: