Angin Puting Beliung Terjang Puluhan Rumah Warga

Angin Puting Beliung Terjang Puluhan Rumah Warga

Puluhan rumah warga di Desa Kalirejo Kecamatan Kraton dan juga Gadingrejo Kota Pasuruan tersapu angin puting beliung.--

PASURUAN, MEMORANDUM-Puluhan rumah warga di Desa Kalirejo Kecamatan Kraton dan juga Gadingrejo Kota PASURUAN tersapu angin puting beliung. Sampai sejauh ini tidak ada korban jiwa. Hanya saja, sapuan angin tersebut membuat banyak rumah warga porak-poranda. 

Hujan deras yang berlangsung sekitar 30 menit disertai angin puting beliung menerjang wilayah Desa Kalirejo Kecamatan Kraton dan juga Gadingrejo Kota Pasuruan, Kamis, 11 Januari 2024. Angin disertai hujan itu terjadi sekitar pukul 17.45 WIB. Akibatnya puluhan rumah warga yang berada di 4 dusun di Kalirejo mengalami kerusakan.

Kerusakan rumah akibat angin puting beliung berada di Dusun Kisik 45 rumah, Dusun Tawangsari 10 rumah, Dusun Kertosari 15 rumah, dan di Dusun Gumeng terdapat 20 rumah alami kerusakan.

BACA JUGA:Satlantas Polres Pasuruan Datangi Toko dan Bengkel Imbau Tidak Jual Knalpot Brong

Menurut, Arif Kurniawan, perangkat Desa Kalirejo mengatakan jika angin puting beliung datang ketika hujan sangat lebat. Padahal hembusan angin hanya berlangsung sekitar 10 menit.

BACA JUGA:Tragis! Bapak-Anak di Pasuruan Tewas Disambar Petir saat Panen Padi

Kendati sebentar, namun ternyata berdampak parah. Selain kerusakan rumah warga, jaringan listrik pada sebagian wilayah juga terputus. "Angin datang beberapa menit setelah hujan lebat, hanya berlangsung sekitar 10 menit," kata Arif Kurniawan, Jumat (12/1). 

Hal senada juga dikatakan oleh Andik Santoso, anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Kalirejo, ia mengatakan jika puting beliung yang menerjang desanya disamping menghempaskan atap rumah warga juga mengakibatkan pohon tumbang. "Data untuk malam ini, Kamis (11/1), yang bisa kita laporkan sekitar 90 rumah. Ini data sementara," kata Andik.

Peristiwa ini juga mendapat atensi dari Kapolres Pasuruan Kota AKBP Makung Ismoyo Jati. Bersama dengan anggotanya kapolres melakukan pendataan. “Tadi bapak Kapolres Pasuruan Kota sudah meninjau lokasi rumah-rumah warga yang menjadi korban angin puting beliung. Beliau mengatakan akan membantu membersihkan rumah warga bersama dengan personilnya," tegas Andik. 

Kondisi senada juga dialami sebagian warga di Gadingrejo Kota Pasuruan. Sedikitnya 35 rumah warga di Lingkungan Kebonsawah Kelurahan/Kecamatan Gadingrejo Kota Pasuruan rusak akibat diterjang angin puting beliung, Kamis (11/1) petang.

Plt Kepala Pelaksana BPBD Kota Pasuruan, Ary Wikiono menyebutkan terdapat 35 rumah warga yang menjadi korban. Pihak BPBD sudah mulai memberikan terpal untuk pengganti atap rumah sementara. "Kita sudah salurkan terpal untuk pengganti atap rumah sementara kepada warga yang rumahnya terdampak angin puting beliung kemarin," ujar Ary Wikiono. (kd/mh)

Sumber: