Sayuran Menjadi Penyebab Kolesterol Tinggi, Apakah Ada? Cek Faktanya Berikut Ini

Sayuran Menjadi Penyebab Kolesterol Tinggi, Apakah Ada? Cek Faktanya Berikut Ini

Ilustrasi sayur--

SURABAYA, MEMORANDUM - Di antara banyaknya makanan tinggi kolesterol yang perlu dibatasi konsumsinya, mungkin anda penasaran, apakah benar ada sayuran penyebab kolesterol tinggi?

 

Faktanya, semua sayuran tidak mengandung kolesterol sama sekali alias 0 kolesterol. Jadi, tidak ada yang namanya sayuran penyebab kolesterol tinggi, ya. 

 

Kolesterol hanya ditemukan pada bahan makanan yang bersumber dari hewan, misalnya daging, ikan, makanan laut, dan telur.

BACA JUGA:Mitos atau Fakta, Durian Bikin Kolesterol Tinggi ? Ini Penjelasannya

BACA JUGA:Simak Penyebab Kolesterol yang Sering Disepelekan

Konsumsi lebih banyak sayuran justru bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Karena, sayuran mengandung serat larut yang mampu mengurangi penyerapan kolesterol ke dalam aliran darah. 

 

Contoh sayuran yang tinggi serat larut adalah wortel, bayam, kol, mentimun, dan terong.

 

Kamu perlu mengonsumsi sekitar 30–35 gram serat setiap harinya untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dan mencegah sembelit. 

BACA JUGA:Inilah Batas Makan Telur bagi Penderita Kolesterol

BACA JUGA:Khasiat Bawang Putih untuk Kesehatan Tulang Hingga Dapat Menurunkan Kolesterol

Namun perlu diketahui, cara masak sayur yang tidak tepat bisa meningkatkan jumlah kolesterol dalam darah. Cara masak yang perlu anda hindari adalah digoreng atau ditambahkan bahan masakan lain yang tinggi kolesterol, seperti susu, keju, atau daging olahan seperti sosis.

 

Minyak goreng mengandung lemak trans yang bisa membuat sayuran menjadi sayuran penyebab kolesterol tinggi sekaligus tinggi kalori. Hal ini senada dengan penambahan susu atau keju yang membuat sayuran jadi tinggi kolesterol.

 

Sebagai gantinya, kamu bisa mengolah sayuran dengan cara dipanggang atau ditumis dengan minyak yang bagus untuk penderita kolesterol tinggi, seperti minyak kanola, minyak jagung, minyak zaitun, atau minyak biji bunga matahari.

Sumber: