Profil dan Karya KH Marzuki Mustamar, Ketua NU Jatim yang Baiat Ustadz Hanan Attaki

Profil dan Karya KH Marzuki Mustamar, Ketua NU Jatim yang Baiat Ustadz Hanan Attaki

KH Marzuki Mustamar--

SURABAYA, MEMORANDUM - Dalam organisasi Nahdlatul Ulama, Kiai Marzuki pernah diamanahi sebagai Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Malang selama dua priode. Ia juga pernah menjabat Wakil Rais PWNU Jatim. Hingga, akhirnya terpilih mengemban amanah Ketua PWNU Jatim masa khidmat 2018-2023. Berikut Profil lengkap KH Marzuki Mustamar

BACA JUGA:Kapolda Jatim  Silaturahmi dengan Ketua PWNU Jatim di Ponpes Sabilurrosad

Profil KH Marzuki Mustamar

Kiai Marzuki Mustamar lahir di Blitar tanggal 22 September 1966. Sejak kecil Kiai Marzuqi dibesarkan dan dididik oleh kedua orang tua beliau dengan disiplin ilmu yang tinggi. Putra dari Kiai Mustamar dan Nyai Siti Jainab ini mulai belajar Al-Qur’an dan dasar-dasar ilmu agama sejak kecil.

Selain dididik disiplin ilmu yang tinggi, ternyata beliau waktu kecil sudah dididik tentang kemandirian agar memiliki etos kerja yang tinggi dengan cara memelihara kambing dan ayam petelur milik Bu Lik Umi Kultsum. Dengan memelihara kambing dan ayam petelur inilah, beliau mendapat pelajaran bagaimana membimbing umat islam, dan bagaimana menjadi pemimpin.

BACA JUGA:Ketua PWNU Jatim Ajak Masyarakat Dukung Kesuksesan Vaksinasi

Kiai Marzuki pernah menyita perhatian publik, dimana dalam hal ini KH Marzuki Mustamar membaiat NU kepada pendakwah milenial Ustadz Hanan Attaki. Pembaiatan berlangsung saat halal bihalal dan haul Haul KH Ahmad Noer, KH Mustamar, dan KH Murtadho Amin, di Pondok Pesantren Sabilurrosyad Gasek, Malang, Kamis (11/05/2023).

dalam kesempatan itu Ustadz Hanan Attaki menyebut Kiai Marzuki sebagai mursyid atau guru, berkat dakwah lemah lembut yang diajarkan ulama Ahlussunnah wal Jamaah yang sudah bertahan 100 tahun lebih.

Selain itu kiai Marzuki dikenal sebagai sosok Singa Pembela Ahlussunnah dari Malang. Hal itu lantaran perjuangan dalam menjaga akidah dan menyiarkan agama Islam benar-benar getol dilakukan.

BACA JUGA:Ketua PWNU Jatim Dukung Aparat Tegakkan Hukum

Riwayat Pendidikan KH Marzuki Mustamar

  • TK Muslimat Karangsono Kanigoro, Blitar tahun 1972
  • MI. Miftahul ‘Ulum, Tahun 1979
  • SMP Hasanuddin, Tahun 1982
  • MAN Tlogo, Tahun 1985
  • PP. Nurul Huda, Mergosono
  • LIPIA Jakarta, Tahun 1988
  • S-1 IAIN Malang, Tahun 1990
  • S-2 UNISLA, Tahun 2004

BACA JUGA:PBNU Copot Jabatan KH Marzuki Mustamar dari Ketua PWNU Jatim, Diduga Karena Hal Ini

Karya KH Marzuki Mustamar

Kiai Marzuki juga menulis kitab, yakni Al-Muqtathofat li Ahlil Bidayah. Kitab tersebut berisi tentang hujjah atau dalil-dalil dasar amaliyah Ahlussunnah wal Jamaah an-Nahdliyah. Ada juga buku berjudul Solusi Hukum Islam, Mutiara Hadits, Syarah Hadits-Hadits Pilihan: Menggali Kemuliaan dari Kitab Mukhtarul Hadits, dan Khutbah Jumat 7 Menit.

Sumber: