Berikut Ini Penyebab Kondisi Badan Tiba-Tiba Menggigil

Berikut Ini Penyebab Kondisi Badan Tiba-Tiba Menggigil

Berikut Ini Penyebab Kondisi Badan Tiba-Tiba Menggigil--

SURABAYA, MEMORANDUM - Badan yang tiba-tiba menggigil tanpa sebab perlu diwaspadai. Ini bisa menjadi tanda masalah kesehatan karena artinya otot-otot tubuh Anda berkontraksi di luar kendali.

Menggigil merupakan respons alami tubuh untuk menghangatkan diri saat terkena udara dingin atau sedang berada di lingkungan dengan suhu rendah, misalnya di dataran tinggi.

BACA JUGA:Menggali Manfaat Luar Biasa Green Coffee untuk Proses Penurunan Berat Badan

Akan tetapi, ada pula orang-orang mengalami kondisi ini meskipun cuaca di sekitarnya normal. Berikut ini beberapa penyebab dari rasa menggigil yang muncul secara tiba-tiba :

1. Demam

Seseorang dikatakan mengalami demam bila suhu tubuhnya lebih tinggi dari 38 derajat Celcius. Demam sebenarnya bukan penyakit, melainkan mekanisme sistem imun untuk melawan infeksi.

Demam akan mereda dengan sendirinya. Akan tetapi, Anda bisa mempercepat pemulihan dengan minum air putih dan obat demam.

2. Gula darah rendah (hipoglikemia)

Rendahnya kadar gula darah atau hipoglikemia bisa membuat badan tiba-tiba menggigil. Ini merupakan respons tubuh yang lazim setelah Anda tidak makan dalam waktu lama atau tubuh tidak dapat mengelola gula darah dengan benar. 

BACA JUGA:6 Tips dan Trik Efektif Menaikan Berat Badan dengan Makanan Bergizi dan Olahraga Tepat

3. Hilangnya efek bius setelah operasi

Badan bisa tiba-tiba mengigil setelah efek obat bius menghilang pasca-operasi. Meski belum jelas penyebab pastinya, suhu tubuh Anda dapat menurun selama operasi berlangsung. 

Kamar operasi yang dingin membuat suhu tubuh menurun. Begitu operasi selesai dan Anda kembali sadar, tubuh akan menyesuaikan suhunya ke angka normal sehingga menimbulkan efek menggigil.

4. Efek samping obat-obatan

Sumber: