Cara Mengatasi Makan Sedikit Namun Perut Terasa Penuh, Ketahui Penyebabnya Berikut Ini

Cara Mengatasi Makan Sedikit Namun Perut Terasa Penuh, Ketahui Penyebabnya Berikut Ini

Makan Sedikit Namun Perut Terasa Penuh--

SURABAYA, MEMORANDUM - Makan sedikit perut terasa penuh dalam istilah medis disebut sebagai early satiety. Salah satu akibat dari kondisi ini adalah hilangnya selera makan serta berkurangnya porsi makan.

Penyebab dari kondisi ini sendiri sangat beragam, mulai dari efek dari sembelit, mengonsumsi makanan tinggi garam, banyak minum minuman bersoda, dampak dari kebiasaan makan secara cepat, hingga stres yang tidak dikelola dengan baik.

BACA JUGA:5 Makanan yang Dapat Membantu Mencegah Sembelit

BACA JUGA:Konsumsi Makanan Ini Agar Kesehatan Ginjal Anda Terjaga

Ini Penyebab Makan Sedikit Perut Terasa Penuh

1. Gastroparesis

Saat anda menderita gastroparesis, kemampuan otot lambung dalam mencerna atau mendorong makanan ke dalam usus kecil menurun, sehingga perut menjadi lebih sulit untuk dikosongkan.

2. Sindrom iritasi Usus Besar (IBS)

Keluhan perut terasa penuh meski baru makan sedikit juga bisa dirasakan ketika Anda mengalami sindrom iritasi usus besar atau irritable bowel syndrome (IBS). 

Salah satu faktor yang dapat meningkatkan risiko terjadinya kondisi ini adalah ketidakseimbangan bakteri baik di dalam usus, sehingga membuat gas menumpuk dan menciptakan sensasi perut begah.

BACA JUGA:Beragam Makanan Rendah Lemak, Cocok untuk Menu Diet Sehat Harian Anda

3. Gastroesophageal Reflux Disease (GERD)

GERD dapat terjadi ketika sfingter otot kerongkongan bagian bawah (LES) melemah sehingga membuat makan dan asam lambung naik ke kerongkongan.

4. Obstruksi usus

Sumber: