Tekuk Newcastle via Adu Penalti, Chelsea Lolos ke Semifinal Piala Liga

Tekuk Newcastle via Adu Penalti, Chelsea Lolos ke Semifinal Piala Liga

Mykhailo Mudryk (kiri) merayakan gol ke gawang Newcastle.--

LONDON-Chelsea memastikan tempat di semifinal Piala Liga setelah mengalahkan Newcastle United 4-2 melalui adu penalti di Stamford Bridge, Rabu dinihari, 20 Desember 2023. Di waktu normal, kedua tim bermain imbang, 1-1.

Sempat tertinggal di babak pertama, pemain pengganti Mykhailo Mudryk membuat The Blues tetap hidup dengan gol penyeimbang pada menit ke-92.

Newcastle tampaknya akan meraih kemenangan 1-0 di London barat sampai Kieran Trippier, yang masuk sebagai pemain pengganti, gagal memotong umpan silang Malo Gusto dan membiarkan Mudryk, yang juga masuk sebagai pemain pengganti, mencetak gol, menyamakan kedudukan menjadi 1-1 dan membawanya ke babak adu penalti.

BACA JUGA:Manchester City Juara Liga Inggris

Bek Inggris Trippier mengubah malam buruk menjadi bencana ketika ia melepaskan penalti kedua Newcastle melebar sebelum upaya Matt Ritchie diselamatkan secara atletis oleh pemain Chelsea Djordje Petrovic, yang menjadi starter keduanya sebagai penjaga gawang The Blues.

BACA JUGA:Ditahan West Ham, Perburuan Gelar Juara Liga Inggris Masih Seru

“Trippie adalah sodok karakter yang sangat kuat,” kata manajer Newcastle Eddie Howe kepada wartawan

 “Ketika dia memberi kami begitu banyak, sekarang giliran kami untuk mendukungnya dan menjaganya dengan cara lain dan itulah yang akan kami lakukan,” urainya.

Chelsea sudah tertinggal terlebih dahulu pada menit ke-16. Callum Wilson, yang dikepung oleh pemain bertahan Chelsea, memanfaatkan kesalahan Benoit Badiashile yang membuat bola tersangkut di kakinya sehingga Wilson dengan mudah menaklukkan Petrovic.

Chelsea kemudian menurunkan penyerang asal  Prancis Christopher Nkunku dari bangku cadangan. Ini menjadi penampilan kompetitif pertamanya untuk tim London itu setelah mengalami cedera lutut di pramusim tak lama setelah transfernya dari RB Leipzig.

Namun tim berkekuatan mahal The Blues, yang telah berjuang untuk musim kedua berturut-turut di Liga Premier, tampaknya ditakdirkan untuk membuang peluang berharga untuk meraih gelar sampai gol telat Mudryk.

"Jelas itu sangat berarti. Kadang-kadang sesuatu terjadi ketika Anda percaya satu sama lain dan percaya sampai akhir," kata pemain asal Ukraina, yang kesulitan menemukan performa terbaiknya sejak bergabung dengan Chelsea hampir setahun lalu, kepada Sky Sports.

“Terkadang ketika pertandingan sulit, Anda harus terus berusaha dan percaya hingga detik terakhir karena ini sepak bola dan segalanya bisa terjadi,” imbuhnya.

Mudryk adalah satu dari empat pemain Chelsea yang mencetak gol dalam adu penalti, bersama Nkunku, Cole Palmer, dan Conor Gallagher.

Sumber: