PAUD Jadi Konsentrasi Pemkot Surabaya Menyampaikan Generasi Penerus Bangsa

PAUD Jadi Konsentrasi Pemkot Surabaya Menyampaikan Generasi Penerus Bangsa

Wali Kota Eri didampingi Ketua Bunda PAUD Surabaya bersama Plt Direktur PAUD Kemendikbud Ristek, Komalasari.--

SURABAYA, MEMORANDUM - Pemerintah Kota Surabaya menyadari pentingnya pendidikan anak usia dini (PAUD) dalam mewujudkan kota ramah anak. Hal ini dikarenakan PAUD merupakan jenjang pendidikan pertama yang akan membentuk karakter anak. Melalui PAUD, anak-anak akan belajar berbagai hal, mulai dari keterampilan dasar, nilai nilai moral, hingga sikap sosial.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menyampaikan, ujung tombak untuk menjadikan Surabaya kota ramah anak adalah PAUD. Oleh karena itu, Pemkot Surabaya menjadikan PAUD sebagai salah satu konsentrasinya untuk menyiapkan generasi hingga pemimpin di masa yang akan datang.

“Insya allah akan menjadi lebih baik sehingga pemimpin pemimpin anak anak bangsa akan menjadi anak yang hebat dan pemimpin yang luar biasa,” ujarnya.

Pemkot Surabaya telah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Surabaya. Misal, di tahun 2024, pemkot menganggarkan sekitar Rp 75 miliar untuk pendidikan di Kota Surabaya. Jumlah itu meningkat sekitar Rp 3 miliar dari tahun 2023 yaitu Rp 72 miliar.

BACA JUGA:Tangkal Kenakalan Remaja, Pemkot Surabaya Optimalkan Sosdir ke Sekolah

Eri menjelaskan bahwa peningkatan anggaran tersebut bertujuan untuk menjadi pendidikan di Kota Surabaya menjadi lebih baik lagi ke depannya. Pemkot Surabaya berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas PAUD di Surabaya. Dengan kualitas PAUD yang baik, maka anak anak Surabaya akan tumbuh dan berkembang menjadi generasi yang cerdas, berkarakter, dan ramah anak.

“Anggaran itu dari APBD, karena kan kita juga konsen pada pendidikan. Karena anggaran pendidikan itu 20 persen lebih kan salah satunya ada untuk pendidikan PAUD ini. Salah satunya adalah untuk beasiswa S1 guru PAUD, karena akan ada 200 beasiswa untuk guru ini,” pungkasnya.

Sementara perlu diketahui, Standar Pelayanan Minimal (SPM) PAUD di Kota Surabaya mengalami peningkatan signifikan di tahun 2023. Menurut data dari Kementerian Pendidikan, Kebudayan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), SPM PAUD di Kota Surabaya, sejak tahun 2022-2023 sudah di atas rata rata tahap nasional.(alf)

Sumber: