11 Ciri-Ciri Kehamilan yang Perlu Anda Ketahui, Apakah Anda Hamil?

11 Ciri-Ciri Kehamilan yang Perlu Anda Ketahui, Apakah Anda Hamil?

-Ilustrasi-

 

3. Kram perut bawah

Kram yang menjadi ciri-ciri ada janin di dalam perut ini terjadi karena proses penempelan embrio atau calon janin pada dinding rahim. Kondisi ini terjadi di awal kehamilan serta hanya berlangsung untuk waktu yang singkat atau beberapa hari saja.

 

4. Mual

Mual yang sering terjadi pada awal kehamilan sering dianggap sebagai salah satu ciri-ciri ada janin di dalam perut. Namun, kondisi yang terjadi karena pengaruh perubahan hormon kehamilan ini tidak selalu dirasakan oleh setiap ibu hamil.

Meski kondisi ini dikenal sebagai morning sickness, bukan berarti keluhan ini hanya terjadi pada pagi hari, melainkan juga pada siang ataupun malam hari.

BACA JUGA:Charly van Houten Umumkan Sang Istri Hamil Anak Ketiga

5. Mengidam

Ngidam juga bisa menjadi ciri-ciri ada janin di dalam perut. Meski penyebabnya belum diketahui secara pasti, ngidam diyakini terjadi karena perubahan hormon yang membuat indra penciuman dan perasa Bumil jadi lebih sensitif. Kondisi ini juga akan membuat Bumil tiba-tiba mengiginkan sesuatu yang sebelumnya tak disukai.

 

6. Payudara membesar

Peningkatan kadar hormon estrogen dan progesteron yang terjadi pada awal kehamilan akan membuat payudara Bumil lebih besar, kencang, dan sensitif ketika disentuh.

Selain itu, bagian aerola juga akan berwarna lebih gelap dan puting lebih menonjol. Semua perubahan ini adalah hal yang normal sebagai persiapan menyusui.

 

Sumber: