Profil Kombes Pol Robert Da Costa yang Jabat Dirresnarkoba Polda Jatim, Penakluk Bandar Kelas Kakap

Profil Kombes Pol Robert Da Costa yang Jabat Dirresnarkoba Polda Jatim, Penakluk Bandar Kelas Kakap

Profil Kombes Pol Robert Da Costa yang Jabat Dirresnarkoba Polda Jatim--

SURABAYA, MEMORANDUM - Kombes Pol Robert Da Costa resmi memimpin Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) Polda Jatim

Hal itu ditandai dengan serah terima jabatan (Sertijab) yang dipimpin langsung oleh Kapolda Jawa Timur, Irjenpol Imam Sugianto di Lobi Gedung Patuh, Lantai 2 Mapolda Jatim, Jumat 15 Desember 2023.

BACA JUGA:Satreskoba Polrestabes Surabaya Tembak Mati Bandar Gede Narkoba Jatim

BACA JUGA:Polda Jatim dan Polrestabes Surabaya Libas 661 Tersangka Kasus Narkoba

Profil Kombes Pol Robert Da Costa

Kombes Pol Robert Da Costa adalah perwira menengah dari Lemdiklat Polri. Lulusan Akademi Kepolisian Tahun 1996. Pria asal NTT kelahiran 2 Januari 1975.

Dalam sepak terjang di dunia kepolisian, Kombes Pol Robert Da Costa dikenal piawai dalam memberantas bandar narkoba di wilayah hukumnya dan dianggap menjadi satu di antara pejabat utama Polri yang berhasil menumpas kasus-kasus besar peredaran narkoba.

Hal ini terbukti kinerja Kombes Pol Robert Da Costa dan anak buahnya mendapat pujian dari Kapolri Jenderal Polisi (Purn) Idham Azis atas keberhasilannya mengungkap dan menangkap para bandar narkoba kelas kakap kala memimpin Ditresnarkoba Sumatera Utara pada tahun 2020

BACA JUGA:Polrestabes Surabaya Gagalkan Pengiriman 28 Kilogram Sabu

Riwayat Jabatan Kombes Pol Robert Da Costa

Karir Roberta Da Costa tercatat pernah menjabat sebagai Wakapolres Pare-pare tahun 2010 semasa berpangkat Komisaris Polisi (Kompol).

Setelah itu pangkatnya naik setingkat ke Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP), ia diberi tugas menjabat sebagai Kapolres Nias Selatan lalu Kapolres Deli Serdang dan terakhir menjadi Wadirnarkoba Polda Sumatera Utara di tahun 2017.

Selanjutnya pada tahun 2018, AKBP Robert Da Costa dimutasi ke Polda Papua Barat untuk memimpin Ditreskrimum. Pangkat Kombes Pol pun akhirnya ia peroleh.

Pada tahun 2020 ia dipanggil kembali ke Sumatera Utara mengemban tugas baru menjadi Dirnarkoba Polda Sumut. Dan di tahun yang sama, 16 November 2020. Ia ditarik ke Mabes Polri dalam rangka Dik Sespimti Polri Dik-Reg ke 30. 

Sumber: