Jelang Nataru, Puluhan Sopir Bus Terminal Gayatri Tulungagung Jalani Tes Urine

Jelang Nataru, Puluhan Sopir Bus Terminal Gayatri Tulungagung Jalani Tes Urine

Petugas memeriksa dokumen armada bus.-Biro Tulungagung-

TULUNGAGUNG, MEMORANDUM - Satlantas Polres TULUNGAGUNG menggandeng Dinas Perhubungan serta BNN Kabupaten TULUNGAGUNG menggelar test urine sekaligus ramp check di Terminal Gayatri.

Kasat Lantas Polres Tulungagung, AKP Jodi Indrawan ketika dikonfirmasi mengatakan, tes urine dan ramp check merupakan upaya untuk memastikan kesiapan armada bus dalam melayani penumpang saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024.

Dalam kegiatan itu, 21 sopir dan awak bus menjalani tes urine, kemudian 11 unit bus juga diperiksa kondisinya.

"Dari pemeriksaan urine, tidak ditemukan sopir bus yang positif menggunakan zat berbahaya narkoba. Sedangkan dari 11 kendaraan yang diperiksa, ditemukan 10 unit yang layak jalan, sedangkan 1 armada masih menggunakan alat pemadam api ringan (APAR) yang tidak layak pakai," terangnya, Kamis 14 Desember 2023.

BACA JUGA:Polres Tulungagung Menunggu Korban Lain Kasus Umrah untuk Melapor

AKP Jodi mengungkapkan, kegiatan serupa akan terus dilakukan sampai libur Nataru selesai.

Pihaknya juga meminta masyarakat ikut berperan dan melaporkan kepada petugas, ketika mendapati pengemudi bus maupun kondisi armada yang tidak layak.

Sebab, menurut AKP Jodi, dua faktor tersebut bisa menyebabkan terjadinya kecelakaan lalu lintas yang merenggut korban jiwa.

Salah seorang penumpang bus, Lia (43), sangat mengapresiasi kegiatan ramp cek yang dilakukan petugas.

BACA JUGA:Ratusan Jemaah Umrah Gagal Berangkat, Satreskrim Polres Tulungagung Tangkap Dirut PT Arofah Minna Surabaya

“Tentunya kegiatan seperti ini sangatlah penting bagi keselamatan para penumpang utamanya. Kebetulan saya bekerja di Surabaya, sehingga hampir setiap minggu menggunakan moda transportasi bus umum. Apalagi nanti pas libur akhir tahun tentunya akan lebih banyak lagi masyarakat yang menggunakan bus sebagai sarana mobilitasnya," ujarnya.(fir/mad)

Sumber: