Polres Bangkalan Kawal Pelantikan 14 Kades Hasil Pilkades Serentak

Polres Bangkalan Kawal Pelantikan 14 Kades Hasil Pilkades Serentak

Dijaga dan dikawal ketat personel keamanan gabungan, palantikan 14 Kades terpilh hasil Pilkada Serentak Tahap II bergulir aman dan kondusif-Biro Madura-

BANGKALAN, MEMORANDUM - Puluhan personel gabungan TNI, Polres, Satpol-PP dan Dinas Perhubungan (Dishub) dikerahkan Polres Bangkalan untuk  jaga dan kawal ketat palantikan 14 Kepala Desa (Kades) terpilih hasil Pilkades Serentak tahap II di Gedung Ratoh Ebuh, jalan A Yani, Selasa 5 November kemarin.

Mereka disebar dibeberapa titik lokasi. Sebagian mengamankan tertib arus lalu-lintas di sekitar ruas jalan protokol pada lalu-lalang kendaran tersebut. Sedangkan personel lainnya, disebar di pintu masuk, serta seputar  halaman Gedung Ratoh Ebuh.

“Ada juga anggota yang jaga dan pantau keamanan di dalam ruangan gedung, tempat para kades dilantik,” kata Kasi Humas Polres, Ipda Risna Wijayati.

BACA JUGA:Polres Bangkalan Maksimalkan Giat Patroli Tim OMB Semeru

Disaksikan unsur Ketua DPRD, anggota Forkopimda, serta pimpinan OPD terkait, prosesi pelantikan dilakukan oleh Pj Bupati Bangkalan, Arief Mulya Edie. Mata rantai acara bergulir khikmad, tertib, lancar, aman dan sukses. 

“Alhamdulillah, tidak ada gangguan kamtibmas apapun. Pelantikan 14 Kades terpilih hasil Pilkades Serentak tahap II yang digelar Rabu 25 Oktober lalu di 14 Desa, sepenuhnya aman dan terkendali,” jelas Kapolres Bangkalan.

Pengamanan ekstra ketat, lanjut AKBP Febri, memang dikerahkan saat menjelang dan pelaksanaan pelantikan. Polres tidak ingin di sela proses pelantikan para kades hasil pesta demoraksi rakyat di lini pedesaan direcoki gangguan kamtibmas.

BACA JUGA:Polres Bangkalan Ungkap 21 Kasus 3C dan Narkoba dengan 25 Tersangka

“Termasuk kemungkinan terjadinya potensi kericuhan,” tandas AKBP Polres. Karena itu, Polres berinisiatif mengerahkan puluhan personel gabungan TNI-Polri, Sapol-PP dan Dishub  untuk mengamankan pelantikan.

Semua warga yang tidak berkait dengan prosesi pelantikan dilarang masuk ke kompleks Gedung Ratoh Ebuh. Pantauan terhadap kemungkinan adanya warga yang bawa sajam  juga diperketat. Syukurlah sikon saat pelantikan aman dan kondusif.

Pilkades serentak tahap II digelar jelang akhir Oktober lalu. Itu tersebar di 14 desa. Gawe akbar ini diikuti 44 Calon kepala Desa (Cakades) sebagai kompetitor.

BACA JUGA:Perelatan Ready, Polres Bangkalan Gelar Apel Pasukan Siaga Bencana Hidrometeorologi

Komplitnya pesta demokrasi rakyat khas lini pedesaan itu di digeber  di Desa Langkap, Kecamatan Burneh, Desa Barbeluk, Kecamatan Arosbaya, Desa Tobaddung, Bragang, Bator dan Desa Tolbuk di Kecamatan Klampis.

Berikutnya di  Desa Bumeanyar, Kecamatan Tanjung Bumi, Tanah Merah Dajah, Kecamatan Tanah Merah, Desa Lombang Laok, Kecamatan Blega, Desa Konang, Kecamatan Konang, Desa Duwak Buter, Kecamatan Kwanyar, serta Desa Karang Anyar di Kecamatan Modung. 

Sumber: