Pemkab Mojokerto Targetkan Nol Penyintas Baru HIV/AIDS di Tahun 2030

Pemkab Mojokerto Targetkan Nol Penyintas Baru HIV/AIDS di Tahun 2030

Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati. -Biro Mojo-

MOJOKERTO, MEMORANDUM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mojokerto menargetkan tercapai nol penyintas baru, nol kematian akibat HIV/AIDS, dan nol stigma serta diskriminasi akibat HIV/AIDS pada 2030. 

Program Target Three Zero tahun 2030 merupakan upaya preventif dari Pemerintah Kabupaten Mojokerto untuk mencegah penularan penyakit HIV/AIDS di Kabupaten Mojokerto.

BACA JUGA:Jelang Pemilu, Ini Pesan Bupati Mojokerto kepada Insan Pers  

Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati mengatakan, penyakit HIV/AIDS ini bukanlah hal yang baru bagi dirinya. Ia mengaku pernah konsen menangani penyakit ini saat menjadi Ketua Penggerak PKK Kabupaten Mojokerto. 

BACA JUGA:Bupati Mojokerto Terima Pataka Jer Basuki Mawa Beya

"Saat itu berupaya bagaimana bisa melalui pokja 4 , punya pokja peduli HIV/AIDS," katanya, di Ballroom Ayola Sunrise Mall, Jalan Benteng Pancasila, Kecamatan Magersari, Kota Mojokerto, Selasa, 5 Desember 2023. 

BACA JUGA:MajaFest 2023, Bupati Mojokerto Ngulek Bersama Sambal Wader

Ikfina menjelaskan, tujuannya untuk melindungi kelompok rentan berisiko tertular dari orang-orang yang dia tidak bayangkan sekali kalau orang itu bisa menularkan HIV/AIDS. 

BACA JUGA:MajaFest 2023 Resmi Dibuka Bupati Mojokerto, Bangkitkan Ekonomi dan Budaya

Ia pun mengajak untuk mensosialisasikan penyakit HIV/AIDS ini kepada masyarakat agar tetap waspada. 

"Salah satu cara yang bisa membantu menghentikan atau mengerem penyebaran penyakit ini yakni dengan mendorong seorang laki-laki berhubungan seksual dengan istri sahnya, begitupun juga sebaliknya," jelasnya. 

BACA JUGA:Ikuti KIPP, Bupati Mojokerto Paparkan Aplikasi Tumbas

Dalam kesempatan ini, Ikfina menekankan pentingnya pencegahan. Menurutnya, pencegahan merupakan bentuk terbaik untuk menekan penyebaran penyakit ini.

BACA JUGA:Jumat Bangkit, Bupati Mojokerto Ajak Pegawai Instansi Jaga Kesehatan 

Sumber: