Madu Hitam Lebih Unggul daripada Madu Biasa, Ini Faktanya!

Madu Hitam Lebih Unggul daripada Madu Biasa, Ini Faktanya!

--

SURABAYA, MEMORANDUM - Madu mengandung banyak nutrisi seperti vitamin, mineral, asam amino, gula, dan antioksidan dari fenol dan flavonoid. 

Namun, madu hitam mengandung komponen fenol yang lebih tinggi dibandingkan madu biasa. Semakin tinggi kandungan fenol, akan semakin tinggi pula antioksidan flavonoid yang terkandung di dalam madu tersebut. 

Hal inilah yang membuat madu hitam dianggap lebih baik dibandingkan madu berwarna terang.

BACA JUGA:Tips dan Manfaat Berlari Santai Sebagai Gaya Hidup Sehat

BACA JUGA:Manfaat Support System untuk Kesehatan Mental yang Perlu Diketahui

Senyawa di Dalam Madu Hitam

Salah satu faktor yang menjadikan manfaat madu hitam lebih unggul adalah kandungan asam fenolat dan flavonoid. Berikut ini adalah manfaat kedua kandungan tersebut:

  • Asam fenolat

Senyawa asam fenolat merupakan salah satu kelompok senyawa terpenting pada tumbuhan. Saat dikonsumsi, asam fenolat di dalam madu hitam akan berperan sebagai antioksidan alami yang mampu menghambat aktivitas radikal bebas di dalam tubuh.

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa asam fenolat dari madu hitam dapat mencegah terjadinya peradangan atau inflamasi, memperkuat sistem kekebalan tubuh, menjaga kesehatan jantung, dan bahkan menurunkan risiko terjadinya kanker.

BACA JUGA:Manfaat Puasa Senin Kamis : Detoksifikasi Tubuh hingga Meningkatkan Fungsi Otak

  • Flavonoid

Berbagai penelitian membuktikan bahwa antioksidan flavonoid di dalam madu hitam mampu melawan efek radikal bebas di dalam tubuh dan menurunkan risiko terjadinya berbagai macam penyakit, seperti penyakit jantung koroner, diabetes, stroke, dan bahkan penyakit Alzheimer.

Bahkan, antioksidan flavonoid juga disebut berpotensi digunakan sebagai obat untuk mengatasi penyakit terkait alergi, seperti eksim atopik, asma, dan rhinitis.

Selain itu, flavonoid diduga dapat membantu jaringan tubuh memperbaiki diri setelah terpapar radiasi. Namun, studi mengenai efektivitas flavonoid dalam madu hitam ini masih sangat terbatas, sehingga perlu diteliti lebih lanjut.

BACA JUGA:Manfaat Infused Water bagi Kesehatan: Meningkatkan Hidrasi dan Detoksifikasi Tubuh

Sumber: