Kunci Ditpolairud Polda Jatim Tingkatkan Ketahanan Pangan Melalui Wisata

Kunci Ditpolairud Polda Jatim Tingkatkan Ketahanan Pangan Melalui Wisata

Anggota Ditpolairud memberikan bantuan sosial ke warga pulau Gili Ketapang-Danny-

SURABAYA, MEMORANDUM - Tak hanya menjalankan tugas pokok dan fungsinya, Direktorat Kepolsian Air dan Udara (Ditpolairud) Polda Jawa Timur juga memprioritaskan program peningkatan perekonomian masyarakat perairan. Salah satu upaya yaitu membentuk kelompok sadar wisata (Pokdarwis).

Dirpolairud Polda Jatim Kombespol Arman Asmara mengatakan, untuk melaksanakan program tersebut, pihaknya akan terlebih dulu membentuk pos terpadu bersistim rayonisasi di pulau-pulau binaan, sentuhan dan pantauan itu. Nah, nanrinya pulau itu, bakal dijadikan rayonisasi.

BACA JUGA:Ditpolairud Polda Jatim Gelar Donor Darah, Kombespol Arman: Pupuk Rasa Kepedulian Sesama

"Harapannya, kita bisa tahu potensi yang hubungannya itu, sebenarnya untuk peningkatan ekonomi. Kita nantinya bakal membentuk pokdarwis di pulau-pulau itu," kata Arman Asmara.

"Karena dengan kegiatan wisata kan, bisa meningkatkan ekonomi. Jadi, rasa aman dan nyaman itu, barometernya adalah ekonomi. Kalau ekonomi aman, niscaya keamanan juga kondusif," tandas Arman.

BACA JUGA:Sambut HUT Polairud, Kombespol Arman Ajak Anggota Anjangsana ke Purnawirawan

Arman menyebut, program pemberdayaan Pokdarwis telah dilakukan di Gili Ketapang Banyuwangi. Arman menyebut, Pokdarwis sebagai pengemban fungsi edukasi terhadap masarakat demi terciptanya Gili Ketapang sebagai Destinasi Wisata Unggulan di Kabupaten Probolinggo.

"Tujuannya yakni meningkatkan ketahanan masyarakat untuk melindungi ekosistem Lingkungan Laut, Pantai, Pulau Gili Ketapang. Pokdarwis dapat sebagai Mitra Polairud dalam meningkatkan kegiatan Bimmas perairan untuk menjaga situasi kamtibmas kondusif," tutup dia.(fdn)

Sumber: