Peduli Kelestarian Alam, Polres Tulungagung Tanam Mangrove di Pantai Selatan

Peduli Kelestarian Alam, Polres Tulungagung Tanam Mangrove di Pantai Selatan

AKBP Teuku Arsya Khadafi melaksanakan penanaman pohon mangrove.-Biro Tulungagung-

TULUNGAGUNG, MEMORANDUM - Polres Tulungagung menggelar penanaman pohon mangrove secara serentak dalam rangka memperingati HUT Korps Brimob ke-78 dan Polairud ke-73, Kamis 30 Nopember 2023.

Selain itu, kegiatan ini juga untuk mengantisipasi bencana tsunami atau gelombang tinggi di wilayah Jawa Timur.

Dipimpin langsung oleh Kapolres Tulungagung AKBP Teuku Arsya Khadafi, penanaman pohon mangrove dilaksanakan di pesisir pantai Niyama Desa Besole, Kecamatan Besuki.

BACA JUGA:Terima 49 Siswa Latja Diktukba Polri, Ini Pesan dan Harapan Kapolres Tulungagung

Kegiatan itu juga dihadiri oleh Pj Bupati Tulungagung diwakili Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Dedi Purnomo, Kepala BNN Tulungagung Rose Iptriwulandhani, perwakilan Kejaksaan Negeri Tulungagung Muhammad Alfakih, perwakilan RS Bhayangkara Kompol dr Moch Yunus, Wakapolres Tulungagung Kompol Christian Bagus Yulianto, Kepala PLTA Niyama Roni, PJU Polres Tulungagung, ketua dan pengurus Bhayangkari, serta berbagai pihak lainnya.

Pada kesempatan itu, Kapolres AKBP Arsya mengatakan, penanaman pohon mangrove dilakukan agar meminimalkan potensi kerusakan lingkungan di pesisir pantai.

“Yang paling penting adalah ini merupakan investasi yang sangat baik yang akan kita turunkan ke anak cucu kelak,” terangnya.

BACA JUGA:Satlantas Polres Tulungagung Keluarkan Imbauan Soal Penggunaan Sepeda Listrik, Ada Apa?

AKBP Arsya berharap, keberadaan pohon mangrove bisa dirawat dan memberi banyak manfaat untuk masyarakat. Sehingga, ekosistem terjaga dan masyarakat bisa mendapatkan manfaatnya.

“Harapannya nanti pohon - pohon (mangrove) bisa dirawat dan bermanfaat. Kemudian masyarakat tentunya bisa bergerak untuk melakukan kegiatan lain yang lebih besar, yang lebih optimal dalam rangka menjaga kelestarian alam,” sambungnya.

Kapolres Arsya mengakui, kegiatan ini bisa saja akan memacu pihak lain untuk melakukan kegiatan serupa di kemudian hari. Sehingga keberadaan pohon mangrove dapat mengurangi energi gelombang tinggi, melindungi pantai dari abrasi, menghambat intrusi air, memperbaiki lingkungan pesisir, dan memperbaiki habitat di pantai.

BACA JUGA:Kapolres Tulungagung Kembali Ingatkan Netralitas Anggota dalam Pemilu 2024

Dalam kegiatan itu, selain penanaman pohon mangrove juga dilaksanakan baksos berupa santunan kepada para anak yatim. (fir/mad)

Sumber: