Sambut Nataru, DPRD Surabaya Pastikan Jaga Stabilitas Bapok hingga Kawal Pemilu Damai

Sambut Nataru, DPRD Surabaya Pastikan Jaga Stabilitas Bapok hingga Kawal Pemilu Damai

Ketua DPRD Surabaya Adi Sutarwijono.--

SURABAYA, MEMORANDUM - Ketua DPRD Surabaya, Adi Sutarwijono menaruh atensi penuh menjelang akhir tahun 2023 dan pergantian tahun 2024. Menurutnya, ada banyak momen-momen krusial menjelang berakhirnya tahun ini.

Misalnya, sejak Selasa 28 November 2023 lalu, sudah dimulai masa kampanye Pemilu 2024 hingga 10 Februari tahun depan. Ini menjadi pesta demokrasi lima tahunan. Dan coblosan digelar 14 Februari 2024 di mana 2,1 juta pemilik suara warga metropolis bakal memberikan hak suara.

“Surabaya juga akan menghadapi momen Hari Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. Mobilitas penduduk akan berlangsung luar biasa dan kebutuhan konsumsi akan meningkat,” kata Adi Sutarwijono, Kamis, 30 November 2023.

Oleh sebab itu, pihaknya berkomitmen untuk ikut mengawal dan menjaga bahan-bahan pokok tetap terkendali. Selain itu, keamanan juga diharap tetap terjaga di tengah kegembiraan dan kebahagiaan warga masyarakat menyambut Natal dan tahun baru (Nataru).

BACA JUGA:Dok! Wali Kota dan DPRD Surabaya Tetapkan APBD 2024 Rp 10,9 Triliun

Pada aspek lain, lanjut Adi, memasuki bulan Desember ini, Pemerintah Kota (pemkot) Surabaya harus memaksimalkan penyerapan anggaran untuk menuntaskan berbagai program pembangunan.

“Kebutuhan-kebutuhan masyarakat harus terlayani dengan baik, terutama yang berkaitan berbagai aspirasi pembangunan. Pertumbuhan ekonomi pun diharapkan meningkat di akhir tahun. Begitu angka kemiskinan dan pengangguran akan bisa dikendalikan dan ditekan turun,” tuturnya.

“Kita juga berharap aparatur Pemkot Surabaya dan seluruh pemangku kewenangan dan kepentingan dapat menjaga serta mengendalikan harga-harga kebutuhan pokok. Salah satunya dengan menggencarkan operasi pasar yang tepat sasaran,” sambung Adi.

Selain itu, DPRD Surabaya bakal memaksimalkan kewenangan konstitusionalnya untuk terus memonitor dan melaksanakan pengawasan berbagai dinamika masyarakat dan pembangunan di akhir tahun.

BACA JUGA:Komisi C DPRD Surabaya Minta Pembebasan Lahan Proyek Underpass A Yani Klir pada 2024

Juga dala momen kampanye pemilu, Adi berharap semua kontestan partai politik, calon-calon legislatif, relawan, dan para kandidat calon presiden-calon wakil presiden serta masyarakat luas dapat difasilitasi dengan baik.

“Salah satu kata kuncinya, aparatur pemerintah dan penyelenggara pemilu bertindak profesional dan berintegritas. Semua peserta pemilu harus diperlakukan sama dan setara. Merasa diayomi dan difasilitasi. Pun sebaliknya, ditindak jika melanggar seturut peraturan perundang-undangan,” harap politisi PDI Perjuangan ini.

Dikatakan Adi, DPRD menaruh perhatian serius terhadap pelaksanaan Pemilu 2024 yang taat asas langsung, umum, bebas, rahasia serta jujur dan adil (Luber dan Jurdil). Karena menurutnya, pemilu akan menentukan para legislator terpilih dan para pemimpin yang terbaik dalam mengemban amanat penderitaan rakyat.

BACA JUGA:DPRD Surabaya Minta Beasiswa Pemuda Tangguh Termanfaatkan Maksimal

“Kita berharap masa kampanye dimanfaatkan para partai politik, calon-calon legislatif, calon presiden-calon wakil presiden dengan baik untuk sosialisasi pemikiran, gagasan dan program-program di masyarakat. Dan, warga masyarakat pun dapat menyerap kontestasi dengan gembira, dengan mengenal lebih dekat dan mendalam terhadap calon-calon yang akan dipilih,” pungkasnya.(bin)

Sumber: