Ini Dia Dampak Buruk Perut Buncit bagi Kesehatan yang Perlu Kamu Ketahui

Ini Dia Dampak Buruk Perut Buncit bagi Kesehatan yang Perlu Kamu Ketahui

Perut buncit, bukan hanya masalah penampilan. Tapi juga bisa berbahaya bagi kesehatan-pixabay-

MEMORANDUM-Perut buncit atau obesitas sentral merupakan kondisi penumpukan lemak di bagian perut, terutama di sekitar organ-organ vital seperti hati, ginjal, dan pankreas. Simak dampak buruk Perut buncit bagi kesehatan yang perlu kamu ketahui. 

Kondisi perut buncit atau obesitas sentral dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit serius, seperti penyakit jantung, stroke, diabetes tipe 2, dan kanker.

Dampak Buruk Perut Buncit bagi Kesehatan

Berikut adalah beberapa dampak buruk perut buncit bagi kesehatan:

• Penyakit jantung

Obesitas sentral dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dengan cara meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan menurunkan kadar kolesterol baik (HDL). Lemak berlebih di perut juga dapat menyebabkan peradangan yang dapat merusak arteri dan meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke.

BACA JUGA:Waspada! Ini Bahaya Perut Buncit yang Tak Boleh Diabakan

BACA JUGA:Khasiat Bawang Merah Untuk Cegah Obesitas dan Osteoporosis

• Stroke

Stroke adalah salah satu penyebab kematian tertinggi di dunia. Obesitas sentral dapat meningkatkan risiko stroke dengan cara meningkatkan tekanan darah dan kadar kolesterol jahat (LDL).

Lemak berlebih di perut juga dapat menyebabkan peradangan yang dapat merusak pembuluh darah di otak dan meningkatkan risiko stroke.

• Diabetes tipe 2

Diabetes tipe 2 adalah penyakit kronis yang ditandai dengan kadar gula darah tinggi. Obesitas sentral dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 2 dengan cara mengganggu fungsi insulin, yaitu hormon yang membantu tubuh menggunakan gula darah.

• Kanker

Sumber: