7 Tips Mendaki Gunung untuk Pemula dan Perlengkapan yang Wajib Dibawa

7 Tips Mendaki Gunung untuk Pemula dan Perlengkapan yang Wajib Dibawa

Mendaki gunung merupakan salah satu kegiatan yang menyenangkan. Namun, sebelum mendaki, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, terutama bagi pemula. Simak 7 tips mendaki gunung untuk pemula di artikel ini.-Memorandum-

Mendaki gunung secara kelompok lebih aman daripada sendirian, terutama bagi pemula. Anda dapat saling membantu dan menjaga satu sama lain jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

6. Patuhi peraturan yang berlaku

Setiap gunung memiliki peraturan yang berlaku. Pastikan Anda mematuhi peraturan tersebut untuk menjaga keselamatan dan kelestarian alam.

7. Jaga kelestarian alam

Gunung merupakan salah satu kekayaan alam yang harus dijaga kelestariannya. Selama pendakian, jangan membuang sampah sembarangan dan jangan merusak alam.

BACA JUGA:Jangan Pernah Mencoba, 5 Pantangan Mendaki Gunung Lawu

Perlengkapan Mendaki Gunung yang Wajib Dibawa

Selain mempersiapkan fisik dan mental, Anda juga perlu membawa perlengkapan yang lengkap untuk mendaki gunung. Berikut ini adalah perlengkapan mendaki gunung yang wajib dibawa:

• Membawa tas

Tas gendong berfungsi untuk membawa semua perlengkapan pendakian. Pilih tas pembawa yang sesuai dengan ukuran dan kebutuhan Anda. Biasanya untuk pendaki gunung menggunakan tas carrier.

Tas carrier memiliki berbagai macam ukuran. pilihlah tas yang sesuai dengan kebutuhan barang-barang yang akan dibawa dan kekuatan fisik saat membawanya. 

• Sepatu gunung

Sepatu gunung merupakan perlengkapan yang paling penting untuk mendaki gunung. Pilih sepatu gunung yang nyaman dan memiliki cengkeraman yang baik.

• Jaket

Jaket berfungsi untuk menghangatkan tubuh dari udara dingin di gunung. Pilih jaket yang terbuat dari bahan yang ringan dan tahan air.

Sumber: