Pantau Rapor SKPD, Pj Wali Kota Batu Akan Lakukan Evaluasi Triwulan

Pantau Rapor SKPD, Pj Wali Kota Batu Akan Lakukan Evaluasi Triwulan

Pj Wali Kota Batu Aries Agung Paewai memberikan arahan.--

BATU, MEMORANDUM - Pj Wali Kota Batu Aries Agung Paewai mengapresiasi forum startegic meeting yang membahas tentang evaluasi masing-masing SKPD. Dari paparan para narasumber, dapat dilihat SKPD dengan kinerja terendah dari sisi kinerja anggaran. 

Oleh karena itu, Pj Aries berharap ke depan kegiatan evaluasi akan dilakukan setiap 3 bulan atau triwulan, sehingga permasalahan yang dialami oleh SKPD dapat segera teratasi. 

Ini disampaikan Aries saat memberi arahan pada acara ‘Strategic Meeting III: Evaluasi dan Optimalisasi Kinerja Perangkat Daerah Kota Batu”, di Hotel Aston Kota Batu.

“Kegiatan evaluasi seperti ini ke depan akan kita lakukan setiap triwulan atau tiga bulan sekali. Diharapkan permasalahan yang ada di masing-masing SKPD dapat segera diketahui dan diselesaikan. Dengan demikian, progress meeting dan evaluasi yang dilakukan sebagai upaya mengantisipasi program kerja yang belum tercapai,” katanya. 

Ia menegaskan SKPD, khususnya dengan realisasi terendah akan mengikuti sesi asistensi yang dilakukan oleh tenaga ahli Wali Kota. Review dan asisten dengan tenaga ahli, diharapkan akan mengetahui sejak awal kendala dan permasalahan yang dialami SKPD yang menyebabkan menghambat program kerjanya.

“Termasuk setelah kegiatan startegic meeting ini, tenaga ahli selama satu minggu akan melakukan asistensi, sehingga permasalahan di SKPD segera ditangani, dan permasalahan bisa diketahui oleh pimpinan dan seluruh staf,” kata Aries.

Ini sejalan dengan tujuan pelaksanaan kegiatan ini yaitu agar SKPD dapat melaksanakan pelayanan masyarakat lebih baik, sebagai pertanggungjawaban penggunaan sumber-sumber keuangan publik, meningkatkan efisiensi dan efektivitas internal instansi pemerintah dan memperkuat anggaran berbasis kinerja.

Kegiatan ini menghadirkan tiga orang narasumber internal Kota Batu yaitu Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah, M Forkan (Prioritas Kinerja Tahun 2024), Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah, M Chori (Realisasi Kinerja APBD 2023 dan Kapasitas Fiskal 2024), dan Kepala Bagian Pembangunan, Lilik Fariha (Monitoring Pengendalian Triwulan III dan SHS untuk Tahun 2024).

Sebagai panelis, yaitu Prof Chandra Fajri Ananda (Guru Besar Ilmu Ekonomi Universitas Brawijaya) dan Dr Syaiful Iqbal (Kepala Laboratorium Akuntansi FEB Universitas Brawijaya). (nik)

Sumber: